Pesan Syams Tabrizi, Guru Rumi Untuk Para Sufi

 Pesan Syams Tabrizi, Guru Rumi Untuk Para Sufi

Tarian Sufi (Ilustrasi/Hidayatuna))

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Seorang sufi besar yakni Syams Tabrizi memiliki pesan khusus yang menarik untuk kita renungkan. Sebagai seorang guru sekaligus sahabat dari Rumi, pesan Shams Tabrizi tampaknya relevan diterapkan saat ini.

Pesan Shams Tabrizi untuk para sufi ini diceritakan ulang oleh intelektual Islam, Haedar Bagir. Melalui unggahan di akun Twitternya, ia menuliskan tentang pesan menaruh dari Shams Tabrizi.

Adapun pesan Shams Tabrizi sebagaimana yang diceritakan ulang oleh Haidar Bagir adalah sebagai berikut:

“Sufi tak pernah menyalahkan. Bagaimana bisa ada lawan, atau rival, atau bahkan “liyan“, sedang diri pun sejatinya tak pernah ada?” tulisnya lewat akun @Haidar_Bagir dikutip Rabu (9/6/2021).

“Bagaimana bisa ada yang disalahkan padahal yang ada hanya Sang Esa? – Syams Tabrizi (Guru-Sahabat Rumi),” sambungnya.

Sebagai informasi Shams Tabrizi adalah seorang penyair Persia, yang dikreditkan sebagai guru spiritual Rumi. Ia dikenal sebagai seorang sufi yang sangat misterius.

Shams Tabrizi tak jarang berpenampilan lusuh seperti gelandangan, seperti orang tak berharga. Karena penampilannya, pada awal bertemu, Rumi menganggap ia adalah orang yang tidak terpelajar. Namun, setelah berdiskusi, Rumi menemukan hal spesial dalam diri Syams.

Syams Tabriz memiliki wajah tampan dan kharisma yang luar biasa. Pikiran-pikirannya kritis, radikal, dan brilian.

Khutbah-khutbahnya memikat dan dalam isinya. Ia adalah seorang sufi yang tak punya hubungan secuil pun dengan gerakan sufi konvensional.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − six =