Turki Berencana Kembalikan Hagia Sophia Menjadi Masjid

 Turki Berencana Kembalikan Hagia Sophia Menjadi Masjid
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Presiden, Recep Tayyip Erdogan sedang melakukan studi komprehensif tentang bagaimana mengubah bangunan Hagia Sophia menjadi masjid.

Hagia Sophia adalah sebuah landmark yang terkenal di Istanbul, yang sekarang fungsinya adalah menjadi sebuah museum.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa Erdogan ingin mempertahankan fungsi dari bangunan Hagia Sophia untuk tetap sebagai objek wisata seperti Masjid Biru yang juga terletak di Istanbul, tetapi ia juga ingin membukanya kembali menjadi tempat bagi umat Muslim untuk beribadah.

Namun pejabat senior di AKP (partai erdogan) telah membantah laporan tersebut dan mengatakan bahwa Erdogan belum memerintahkan untuk diadakannya studi tersebut.

“Kami sedang membahas kasus serupa di hadapan Dewan Negara, yang dulu telah membuka jalan bagi (diizinkannya) aktivitas ibadah umat Muslim untuk dilakukan di Gereja Chora. Itu hanyalah ekspresi dari sebuah keinginan saja,” kata pejabat itu.

Hagia Sophia sendiri diketahui merupakan sebuah properti yang menjadi pondasi dari kepemimpinan Mehmet II, yang dikenal sebagai sang penakluk Istanbul.

Sejak tahun lalu, Erdogan juga terlihat telah mengambil beberapa langkah untuk mengubah fungsi bangunan Hagia Sophia untuk kembali menjadi masjid.

Dan pada pekan lalu, saat pemerintah Turki merayakan peringatan ke-567 sejak Ottoman menaklukan Istanbul, mereka mengadakan aktivitas ibadah sholat di bangunan bekas masjid tersebut.

Sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Hagia Sophia awalnya dibangun sebagai gereja Ortodoks Yunani. Fungsi bangunan itu akhirnya dikonversi menjadi masjid setelah Istanbul ditaklukan oleh Mehmet II pada tahun 1453.

Pada tahun 1935, Hagia Sophia telah diubah fungsi menjadi sebuah museum oleh pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk, sebagai bagian dari reformasi sekulernya.

Kaum konservatif religius Turki telah juga lama menyerukan pengkonversian fungsi bangunan itu untuk kembali menjadi masjid, sebuah langkah yang semakin diisyaratkan oleh Erdogan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sumber : Middleeasteye.net

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen − nine =