Komitmen Biden Dukung Solusi Palestina-Israel

 Komitmen Biden Dukung Solusi Palestina-Israel

Komitmen Biden Dukung Palestina (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Presiden AS, Joe Biden berkomitmen atas solusi dua negara Israel-Palestina. Menurutnya, itu merupakan satu-satunya jalan ke depan untuk wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken mengatakan hal tersebut.

“Itu harus dimulai sekarang dengan menangani situasi kemanusiaan yang parah di Gaza. Kemudian rekonstruksi, membangun kembali apa yang hilang, dan secara kritis, melibatkan kedua belah pihak. Dalam upaya untuk mulai membuat perbaikan nyata dalam kehidupan masyarakat,” kata Blinken dikutip dari Republika.co.id saat diwawancara ABC, Senin (24/5).

“Sehingga, warga Israel serta Palestina dapat hidup dengan ukuran keamanan, perdamaian, dan martabat yang sama,” lanjut Blinken.

Dia menekankan, jika keterlibatan positif antara Israel dan Palestina tak terpenuhi, siklus kekerasan kemungkinan besar akan terus berlanjut.

“Pada akhirnya, ini adalah satu-satunya cara memastikan masa depan Israel sebagai negara Yahudi dan demokrati. Serta, tentu saja, satu-satunya cara memberi Palestina negara yang menjadi hak mereka. Ke sanalah tujuan kita. Kita harus mulai menempatkan kondisi yang memungkinkan kedua belah pihak terlibat secara bermakna dan positif menuju dua negara,” ujar Blinken.

Dalam momentum tersebut, Blinken sempat mengomentari rancangan undang-undang (RUU) progresif Partai Demokrat. RUU tersebut bertujuan menghentikan penjualan senjata ke Israel.

Blinken mengatakan, pemerintahan Biden berkomitmen untuk berkonsultasi penuh dengan Kongres tentang hal tersebut.

“Presiden juga menegaskan dengan jelas bahwa kami berkomitmen untuk memberikan Israel sarana untuk mempertahankan diri, terutama dalam hal serangan roket tanpa pandang bulu terhadap warga sipil. Setiap negara akan menanggapi itu, dan kami berkomitmen untuk membela Israel,” kata Blinken.

Blinken diagendakan mengunjungi Israel dan Palestina pada Rabu (26/5). Salah satu fokus dari kunjungan itu adalah membangun gencatan senjata di Gaza.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − 5 =