Cancel Preloader

Siswa SMP Muhammadiyah Ciptakan Smart Face Shield Pendeteksi Suhu

 Siswa SMP Muhammadiyah Ciptakan Smart Face Shield Pendeteksi Suhu
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Surakarta – Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat. Devin Agastya Indy Gunawan berhasil membuat smart face shield. Penciptaan itu ditujukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Smart face shield melindungi wajah yang otomatis membaca suhu tubuh penggunanya dan melaporkan hasilnya dalam kurun waktu tertentu. Karyanya itu pun beberapa waktu lalu didemonstrasikan dengan disaksikan ratusan siswa dan wali murid secara virtual.

“Penemuan ini berguna untuk mengukur suhu orang yang memakai face shield secara real time sehingga tidak perlu mengukur dengan thermo gun setiap beberapa jam. Suhu otomatis akan keluar di layar dan update setiap detik dan menit,” kata Devin. Sebagaimana dilansir dari Republika.co.id, Kamis (4/3).

Ide awal pembuatan face shield tersebut diakui Devin muncul dari kekhawatirannya terhadap potensi penularan Covid-19. Serta melalui pengecekan dengan thermo gun setiap masuk ke sekolah.

“Proses pembuatan smart face shield ini agak lebih sulit sehingga memerlukan waktu sekitar satu sampai dua bulan. Alat-alatnya berupa sensor suhu, layar, dan kontrol mikro,” ungkapnya.

Siswa berprestasi yang kini duduk di bangku kelas IX tersebut pun berharap karya inovatifnya bisa dipakai oleh masyarakat umum. Terutama teman-teman sekolahnya dan guru saat pembelajaran tatap muka mendatang.

Hal ini karena sensor tubuh bisa langsung diketahui sehingga potensi risiko seseorang bisa langsung diketahui dan ditindaklanjuti.

“Kita bisa saling mengetahui dan mengawasi suhu satu sama lain. Jika suhu di atas 39 derajat, nanti ada warning berupa lampu kedip-kedip sehingga harus jaga jarak,” pungkasnya.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + twenty =