Mengenal Deretan Murid-Murid Syekh Siti Jenar

 Mengenal Deretan Murid-Murid Syekh Siti Jenar

Syekh Siti Jenar (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Sosok Syekh Siti Jener merupakan salah satu ulama Nusantara yang namanya tersohor. Meski sejumlah pemikirannya menuai banyak kontroversi.

Layaknya tokoh-tokoh penting umat Islam lainnya, Syekh Siti Jenar ternyata memiliki banyak deretan murid dengan nama besar. Achmad Chodjim dalam bukunya “Syekh Siti Jenar” menjelaskan ketika Demak masih sibuk dalam penaklukan. Ajaran Syekh Siti Jenar lebih bisa diterima oleh raja-raja Jawa yang telah memeluk agama Islam.

“Diceritakan dalam Babad Jaka Tingkir bahwa ada 40 orang tokoh yang berguru kepada Syekh Siti Jenar,” ungkap Chodjim dikutip Kamis (3/6/2021).

Mereka antara lain adalah Ki Ageng Banyubiru, Ki Ageng Getas Aji, Ki Ageng Balak, Ki Ageng Butuh, Ki Ageng Ngerang, Ki Ageng Jati, Ki Ageng Tingkir,Ki Ageng Watalunan, dan Ki Ageng Pringapus. Selain terdapat nama lain seperti Kiai Ageng Nganggas, Ki Ageng Ngamba, Ki Ageng Babadan, Ki Ageng Wanantara, dan Ki Ageng Majasta.

Beberapa nama murid Syekh Siti Jenar berikutnya adalah Ki Ageng Baya, Ki Ageng Baki, Ki Ageng Tembalang, Ki Ageng Karnggayam. Ki Ageng Ngargaloka, Ki Ageng Kayupuring, Ki Ageng Selandaka, Ki Ageng Purwasada, Kebo Kangan, dan Kiai Ageng Kebonalas.

Begitu pula dengan Ki Ageng Waturante, Kiai Ageng Taruntum, Kiai Ageng Pataruman, Kiai Ageng Purna, Kiai Ageng Gugulu. Kiai Ageng Gunung Pragota, dan Kiai Ageng Ngadibaya juga masuk dalam daftar muridnya. Selain itu ada nama lain yaknai Kiai Ageng Karungrungan, Kiai Jatingalih, Kiai Ageng Wandadi, Kiai Ageng Tambangan, kiai Ageng Ngampuhan, Kiai Ageng Bangsri, dan jeng Kiai Ageng Pengging.

Chodjim menjelaskan bahwa sosok Syekh Siti Jenar memilik nama panggilan akrab yakni Syekh Lemah Abang. Beberapa literatur Jawa menyebutnya dengan Syekh Siti Brit.

“Bahkan ada yang menyebutnya Syekh Jabarantas, karena kesehariannya menjadi guru dengan penampilan yang sederhana,” jelasnya.

Meski tampilannya sederhana, namun lanjut Chodjim, Syekh Siti Jenar juga memiliki ilmu yang mumpuni. Selain itu, ia sosok yang sangat rendah hati.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine + 7 =