Majukan Dunia Islam, MUI dan Ulama Mesir Lakukan Komitmen

 Majukan Dunia Islam, MUI dan Ulama Mesir Lakukan Komitmen

MUI dan Ulama Mesir Komitmen (Foto: Istimewa)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Duta Besar (Dubes) Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohamed Moguib Sultan melakukan kunjungan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam kunjungannya tersebut, ia mengajak MUI dan ulama Mesir untuk berkomitmen memajukan dunia Islam.

Kunjungan yang berlangsung pada Rabu (23/6) kemarin langsung mendapat sambutan dari Sekjen MUI Amirsyah Tambunan bersama Ketua Umum KH Miftachul Ahyar beserta pengurus lainnya.

Dalam keterangan persnya, Amirsyah mengatakan bahwa ulama di Mesir dan yang berhimpun di MUI mempunyai komitmen untuk memanjukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Harapannya tak lain agar peradaban dunia Islam menjadi pelopor.

Tidak hanya dalam memajukan peradaban Islam, melainkan juga peradaban dunia yang diwarnai dengan ajaran Islam yang rahmatan lil’alamin. Dalam hal ini, Mesir memiliki harapan besar untuk kerjasama dengan ulama-ulama di Indonesia.

Di mana pada kesempatan itu, ia menyampaikan surat undangan dari Lembaga Fatwa Darul Ifta Mesir agar KH Miftach Ahyar hadir dalam Konferensi Internasional di Kairo 2-3 Agustus 2021 medatang.

Seperti diketahui Darul Ifta’ merupakan lembaga fatwa yang otoritatif dan menjadi rujukan di Mesir. Menurut Dubes Ashraf, MUI adalah lembaga keislaman yang senior dan terhormat. Sebab di dalamnya terhimpun ulama, zuama, dan cendekiawan Muslim dari seluruh ormas di Indonesia.

Selanjutnya Dubes Mesir mengatakan, Indonesia dan Mesir merupakan negara yang sejak lama bersahabat. Silaturahim Dubes ke MUI merupakan tindaklajut silaturahim sebelumnya. Kehadiran Dubes Mesir di MUI juga membuktikan semakin eratnya hubungan Indonesia dan Mesir.

Ia juga menyampaikan rencana Mesir mengundang puluhan imam dan khatib untuk dilatih dalam kursus yang dilaksanakan pada September ini. Sementara itu, KH Miftachul Akhyar, menyampaikan rasa gembiranya atas kehadiran Dubes Mesir.

Apalagi selama ini hubungan Mesir dan Indonesia terjalin lama dan kuat. Dia berharap pertemuan ini kian mempererat hubungan keduanya sehingga mendatangkan manfaat.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 5 =