Tanggapi Ceramah Mama Ghufron, MUI Akan Bina dan Luruskan Pemahamannya

 Tanggapi Ceramah Mama Ghufron, MUI Akan Bina dan Luruskan Pemahamannya

Tanggapi Ceramah Mama Ghufron, MUI Akan Bina dan Luruskan Pemahamannya (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Belakangan ini ceramah-ceramah Iyus Sugirman atau yang dikenal Mama Ghufron menjadi sorotan publik, karena pemahaman kontroversialnya disampaikan dalam ceramahnya.

Menanggapi hal itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis mengaku akan melakukan pembinaan serta meluruskan pemahaman Mama Ghufron.

“Insya Allah, (Mama Ghufron) terus akan kita tangani dengan cara dibina dan diluruskan pemahamannya,” kata Kiai Cholil Nafis dalam keterangannya dilansir dari Repubilka, Rabu (10/7/2024).

Menurutnya, saat ini MUI tengah mendalami dan mengkaji ulang isi ceramah-ceramah dari Mama Ghufron yang dinilai meresahkan umat Islam.

“Kita akan gali sejauh mana ajaran-ajarannya. Kita selesaikan dengan cara dakwah maupun dengan menempuh jalur hukum,” sambungnya.

Cholil Nafis sendiri juga mengaku terheran-heran dengan isi ceremah Mama Ghufron. Salah satu diantaranya ketika, ia mengaku melakukan video call mailakat maut.

“Ada statement yang menyatakan video call dengan malaikat maut. Bagaimana caranya? Di sini sudah tidak berdasar sama sekali apa yang diucapkan,” jelasnya.

Sebagai informasi, belakangan tengah ramai potongan-potongan video pendek ceramah dari Mama Ghufron di media social.

Dalam potongan-potongan video yang beredar, Ghufron mengaku bisa berbicara dengan semut. Selain itu, ia mengeklaim telah melakukan panggilan video dengan malaikat.

Dirinya juga berbicara dengan campuran bahasa Arab secara sepotong-potong, dengan kata-kata yang tidak bisa dimengerti. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *