KH Zainuddin MZ Sebut Islam Itu untuk Semua Bangsa

 KH Zainuddin MZ Sebut Islam Itu untuk Semua Bangsa

KH Zainuddin MZ Sebut Islam Itu untuk Semua Bangsa (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Penceramah legendaris alm. KH Zainuddin MZ dalam ceramahnya pernah menjelaskan bahwa meskipun Islam berasal dari tanah Arab, namun sejatinya Islam itu untuk semua bangsa dan suku. Tanpa terkecuali.

“Arab sebagian besar memang Islam, tetapi Islam bukan Arab, itu pun harus kita akui,” kata Zainuddin MZ, dalam video singkat yang diunggah akun TikTok, Narasi Moderat, dikutip Jumat (05/08/2022).

Penceramah yang mendapat julukan ‘Dai Sejuta Umat’ itu menegaskan bahwa muslim yang baik, bukan berarti ia muslim Arab. Muslim lain yang tidak berasal dari Arab pun jauh lebih banyak yang lebih baik.

“Kita bisa menjadi muslim yang baik tanpa perlu menjadi orang Arab. Dengan kata lain, kita bisa menjadi muslim yang baik dengan tetap menjadi warga negara Indonesia yang baik,” jelasanya.

Mengapa, Alquran menggunakan bahasa Arab? Karena memang Alquran diturunkan di tanah Arab. Tidak satupun ayat Alquran yang ditujukan kepada orang-orang dari bangsa Arab semata, melainkan bangsa-bangsa di seluruh dunia.

“Tidak ada satupun ayat yang mengatakan ya ayyuhalladzi arobiun. Hai orang-orang Arab. Tidak ada! Yang ada malah ya ayyuhannas wahai manusia.¬† Manusia yang mana yang mana saja asal marah sama manusia. Kalau tidak merasa manusia tidak usah terpanggil dengan ayat tadi,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa Islam¬†adalah agama yang universal. “Maka dalam mendasari hidup dengan Islam, kita berkeyakinan bahwa Islam adalah agama untuk seluruh manusia,” tandasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two + twenty =