Masjidil Haram Luncurkan Robot untuk Bantu Peziarah

 Masjidil Haram Luncurkan Robot untuk Bantu Peziarah

Masjidil Haram Luncurkan Robot untuk Bantu Peziarah (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Mekkah – Kerajaan Arab Saudi meluncurkan robot canggih dengan berbagai fitur yang akan memudahkan para jamaah selama berziarah ke Masjidil Haram.

Robot itu dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih diantaranya robot tersebut memiliki kemampuan untuk membaca Alquran, memberikan khotbah dan adzan kepada jamaah.

Dilansir dari Arab News, Rabu (14/09) robot pintar akan menampilkan kode yang memungkinkan para jama’ah untuk mengunduh layanan lewat ponsel. Pengunjung juga dapat menekan perintah pada robot untuk mengakses informasi tentang shalat, imam, muazin dan jadwal mingguan ulama menyampaikan khotbah.

Robot-robot baru ini akan ditampilkan di Masjidil Haram di Makkah melalui otoritas urusan imam dan muazin. Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci Sheikh Abdulrahman Al-Sudais mengatakan bahwa peluncuran tersebut adalah bagian dari “rencana strategis besar” untuk mengimplementasikan proyek Haramain yang cerdas.

Dia menambahkan bahwa rencana tersebut bertujuan untuk memastikan fasilitasi layanan harian bagi pengunjung dengan mengurangi upaya fisik dan meningkatkan teknologi pintar.

Sistem berteknologi modern ini bukan yang pertama dipasang di Masjidil Haram di Makkah. “Awal tahun ini, Masjidil Haram secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu peziarah Muslim dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa,” tulis laporan tersebut.

Tahun lalu, petugas masjid memperkenalkan robot untuk mendistribusikan air Zamzam. Robot lain juga mampu membersihkan atau sterilisasi serta pengendalian epidemi.

Masjidil Haram Mekah juga memperkenalkan Al-Qur’an elektronik untuk membantu jamaah Muslim yang buta dan tunanetra pada Desember 2021.

Langkah-langkah ini datang sebagai bagian dari rencana pengembangan komprehensif Kerajaan 2024 untuk menggunakan teknologi modern dalam pelayanan Dua Masjid Suci. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *