Kelima Kalinya, Birmingham Miliki Walikota Muslim

 Kelima Kalinya, Birmingham Miliki Walikota Muslim
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Konsilor Muhammad Afzal telah resmi menjadi Walikota yang baru di Birmingham setelah dilantik pada hari Selasa, 25 Mei 2021. Dengan terpilihnya Afzal, maka untuk kelima kalinya kota tersebut memiliki Walikota seorang Muslim.

“BrumLordMayor baru di Birmingham, Cllr Muhammad Afzal, telah menjabat setelah upacara Pembuatan Walikota selama RUPS kemarin di Gedung Dewan.” Demikian tulis Dewan Kota Birmingham dilansir dari About Islam, Kamis (27/5/2021).

Lahir di Pakistan, Afzal datang ke Inggris pada 1969 dan menetap di Birmingham bersama istrinya bernama Tazeem. Afzal pertama kali terpilih sebagai anggota dewan pada tahun 1982 dari kota Aston Ward.

Dengan demikian ia menjadi anggota dewan Muslim terlama di Inggris. Hal itu disampaikan Dewan Kota Birmingham dalam sebuah pernyataan onlinenya. Dia dipilih oleh kelompok Buruh yang berkuasa di dewan kota pada Januari 2020.

Meskipun dia seharusnya resmi menjabat pada Mei 2020 lalu, namun lantaran pemberlakukan lockdown virus corona tidak memungkinkan untuk dilakukan pelantikan. Sehingga ditunda.

Sebagai politisi buruh veteran, Afzal merupakan walikota Muslim kelima Birmingham dengan latar belakang kelahiran Pakistan. Empat lainnya adalah Mahmood Hussain diikuti oleh Abdul Rashid JP, Shafiq Shah, dan Muhammad Azim.

Adapun Walikota Muslim pertama di Birmingham adalah Hussain. Sementara Shafiq Shah memegang rekor sebagai Walikota Birmingham termuda.

Patut disebutkan juga bahwa awal bulan ini, kota Preston secara resmi menyambut Anggota Dewan Javed Iqbal sebagai Walikota ke-693 dan Muslim pertama yang memegang posisi itu.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 5 =