Finlandia Bagi-Bagikan Jilbab Olahraga Gratis ke Atlet Muslimah

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Asosiasi Sepak Bola Finlandia membagi-bagikan secara gratis jilbab olahraga kepada para pemainnya yang muslimah. Langkah ini dilakukan sebagai upaya menghargai keberagaman di dalam dunia olahraga.

Kepala pengembangan sepak bola wanita Finlandia, Heidi Pihlaja menjelaskan bahwa setiap wanita Muslim, memiliki keyakinan dan nilai agama yang dijalani. Oleh karena itu, untuk membantunya, ia membagi-bagikan jilbab gratis kepada mereka. Dengan demikian mereka bias tetap berlatih olahraga sambil menjalankan iman mereka.

“FA telah mendistribusikan lusinan jilbab yang terbuat dari bahan teknis dan elastis. Untuk memungkinkan gadis-gadis Muslim berlatih olahraga dengan bebas,” ungkap Heidi Pihlaja dilansir dari About Islam, Selasa (8/6/2021).

Dirinya menjelaskan, saat ini di Finlandia, sangat sulit untuk memasukkan gadis-gadis dari latar belakang muslim ke klub sepak bola. Itulah sebabnya, mereka akan tetap diperbolehkan mengenakan hijab saat mengikuti olahraga sepak bola.

“Jadi kami ingin memulai inisiatif ini untuk menyambut semua orang, terlepas dari agama Anda dan apakah Anda ingin menggunakan syal atau tidak,” jelasnya.

Sementara itu, para gadis-gadis Muslim mengatakan mereka sangat bahagia dan bersyukut dengan kebijakan asosiasi sepakbola wanita Finlandia. Mereka rata rata mengetahui dari orang tua mereka tentang jilbab gratis.

“Itu tidak mengepak sebanyak biasanya dan Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam baju Anda,” kata Nasro Bahnaan Hulbade, gadis muslim berusia 13 tahun.

Meskipun tanggapannya sebagian besar “sangat positif,” skema tersebut juga menerima kritik “dari orang-orang yang mengatakan itu merendahkan wanita atau membawa agama ke dalam permainan.”

“Kami mendukung hak setiap perempuan untuk memilih sendiri apakah mereka menggunakan jilbab atau tidak,” kata Pihlaja menanggapi kritik tersebut.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + fifteen =