Jemaah Haji Wajib Mengetahui 4 Hal Ini Agar Mabrur!

 Jemaah Haji Wajib Mengetahui 4 Hal Ini Agar Mabrur!

Skema Petugas Haji Hadapi Puncak Haji 1444 H (Ilust/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Sebagai tamu Allah, jemaah haji harus mengetahui 4 hal jika ingin meraih haji mabrur. Hal tersebut ditulis dalam buku ‘Haji Falsafah, Syariah dan Rihlah’, yang ditulis Dr KH Asep Zaenal Ausop.

Dilansir dari Republika.co.id, hal yang pertama ialah mengetahui secara tepat maksud dan cara bertamu kepada Allah SWT. Jemaah haji tentu niat yang paling utama ialah menunaikan rukun Islam yang kelima.

Oleh karena itu, jika seseorang mau berhaji sebaiknya dia memahami tata tertib amal rukun Islam. Dalam arti telah menjalankan syahadat, salat, puasa, dan zakat, baru kemudian menunaikan ibadah haji apabila mampu.

Kedua, jemaah haji juga harus mengetahui tata cara (kaifiat) berhaji, mulai niat di Miqat sampai tawaf ifadah dan tawaf wada. Rangkaian tata cara itu disebut dapat dipelajari saat manasik haji, dengan begitu jemaah haji pun mampu melaksanakan ibadah haji sesuai dengan sunah Rasulullah Saw.

Ketiga, mengetahui etika selama melaksanakan ibadah haji, antara lain selalu merendah hati dan menjauhi sikap sombong, sekecil apa pun kesombongan tersebut. Dalam hal ini Allah sebagai pribumi tidak menyukai orang yang sombong. Sikap sombong adalah sangat tercela, apalagi bersikap sombong di tanah suci.

Keempat, mengetahui dan yakin bahwa Allah sebagai ‘shahib al-bait’ (pemilik rumah) pasti akan menghormati dan menjamin keselamatan tamu-tamunya. Sebab itu, jemaah haji tidak perlu merasa takut untuk menghadapi panas, debu, virus dan lain-lain selama melaksanakan haji sebab semua itu adalah makhluk Allah yang pasti dikendalikan-Nya.

Begitulah cara Allah memuliakan tamu-tamunya yang berkunjung ke Baitullah, menghadiahi haji mabrur bagi hamba-Nya yang menjalankan perintah-Nya. Untuk itulah Anda perlu mempelajari 4 hal di atas sehingga berhaji tidak sekadar haji.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *