Apakah Membangunkan Sahur Salah?
HIDAYATUNA.COM – Telah beredar klaim bahwa ada 14 kesalahan dilakukan umat Islam saat berpuasa. Diantaranya adalah Membangunkan sahur. Benarkah?
Jawabannya tidak benar. Sesuai fatwa ulama al-Azhar bahwa membangunkan sahur sudah dijalankan sejak masa ulama Salaf:
ﻳﻘﻮﻝ اﻟﻤﺆﺭﺧﻮﻥ: ﻟﻤﺎ ﺟﺎء ﺇﻟﻰ ﻣﺼﺮ ﻋﺘﺒﺔ ﺑﻦ ﺇﺳﺤﺎﻕ ﻭاﻟﻴﺎ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ اﻟﺨﻠﻴﻔﺔ اﻟﻌﺒﺎﺳﻰ اﻟﻤﻨﺘﺼﺮ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻗﺎﻡ ﻫﻮ ﺑﺎﻟﺘﺴﺤﻴﺮ ﺳﺎﺋﺮا ﻋﻠﻰ ﻗﺪﻣﻴﻪ ﻣﻦ ﻣﺪﻳﻨﺔ اﻟﻌﺴﻜﺮ ﻓﻰ اﻟﻔﺴﻄﺎﻁ ﺣﺘﻰ ﺟﺎﻣﻊ ﻋﻤﺮﻭ ﺑﻦ اﻟﻌﺎﺹ ﻭﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﺳﻨﺔ 238 ﻫـ ﻭﻣﻤﻦ اﺷﺘﻬﺮﻭا ﺑﺎﻟﺘﺴﺤﻴﺮ “اﻟﺰﻣﺰﻣﻰ” ﻓﻰ ﻣﻜﺔ، “اﺑﻦ ﻧﻘﻄﺔ” ﻓﻰ ﺑﻐﺪاﺩ، ﻭﻛﺎﻥ اﻟﺰﻣﺰﻣﻰ ﻳﺘﻮﻟﻰ اﻟﺘﺴﺤﻴﺮ ﻓﻰ ﺻﻮﻣﻌﺘﻪ ﺑﺄﻋﻠﻰ اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﻣﻌﻪ ﺃﺧﻮاﻥ ﺻﻐﻴﺮاﻥ ﻳﻘﻮﻝ: ﻳﺎ ﻧﻴﺎﻣﺎ ﻗﻮﻣﻮا ﻟﻠﺴﺤﻮﺭ، ﻭﻳﺪﻟﻰ ﺣﺒﻼ ﻓﻴﻪ ﻗﻨﺪﻳﻼﻥ ﻛﺒﻴﺮاﻥ، ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ اﻟﻨﺪاء ﻳﺮﻯ اﻟﻨﻮﺭ. ﺛﻢ ﺗﻄﻮﺭ اﻟﺘﺴﺤﻴﺮ ﻓﻜﺎﻥ ﺃﻫﻞ ﻣﺼﺮ ﺃﻭﻝ ﻣﻦ اﺑﺘﻜﺮﻭا “اﻟﺒﺎﺯﺓ” ﻣﻊ اﻷﻧﺎﺷﻴﺪ، ﻭﻳﻘﻮﻡ ﻋﺪﺓ ﺃﺷﺨﺎﺹ ﻣﻌﻬﻢ ﻃﺒﻞ ﺑﻠﺪﻯ ﻭﺻﺎﺟﺎﺕ ﺑﺮﺋﺎﺳﺔ اﻟﻤﺴﺤﺮاﺗﻰ، ﻭﻳﻐﻨﻮﻥ ﺃﻏﺎﻧﻰ ﺧﻔﻴﻔﺔ
Para ahli sejarah mencatat bahwa ketika Utbah bin Ishaq datang ke Mesir sebagai pemimpin atas perintah Khalifah al Muntashir Billah dari Abbasiyah. Maka dia-lah yang membangunkan Sahur dengan jalan kaki di Kota Askar hingga Jami’ Amr bin Ash, tahun 238 H. Diantara yang populer melakukan ‘Membangunkan Sahur’ di Makkah adalah Zamzami dan di Bangdad adalah Ibnu Nuqthah.
Zamzami melakukan Tashir dari atas masjid dan berkata: “Wahai orang yang tidur, bangunlah untuk sahur”. Ia memanjangkan tali yang ada 2 lentera besar, agar orang bisa melihat cahayanya. Lalu membangunkan Sahur terus berkembang, penduduk Mesir menyanyikan Al-Bazah. Dan beberapa orang membawa gendang dan nyanyian ringan.
ﻧﺮﻯ ﻣﻦ ﻫﺬا ﺃﻥ اﻹﻋﻼﻡ ﺑﻮﻗﺖ اﻟﺴﺤﻮﺭ ﻟﻪ ﺃﺻﻞ ﻓﻰ اﻟﺪﻳﻦ، ﻓﻜﺎﻥ ﻓﻰ ﺃﻳﺎﻡ اﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﺄﺫاﻥ ﺑﻼﻝ، ﻭﻛﺎﻥ ﻓﻰ اﻟﻌﺼﻮﺭ اﻟﺘﻰ ﺗﻠﺖ ﺫﻟﻚ ﺑﻮﺳﺎﺋﻞ ﺷﺘﻰ، ﺑﺈﺿﺎءﺓ اﻷﻧﻮاﺭ، ﻭﺑﺈﻧﺸﺎﺩ اﻷﺷﻌﺎﺭ، ﻭﺑﺎﻟﻀﺮﺏ ﻋﻠﻰ اﻵﻻﺕ، ﺛﻢ ﺑﺈﻃﻼﻕ اﻟﺼﻔﺎﺭاﺕ ﻭﺿﺮﺏ اﻟﻤﺪاﻓﻊ ﻭﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ اﻟﻮﺳﺎﺋﻞ.
ﻭﻻ ﻳﻨﺒﻐﻰ ﺃﻥ ﻧﺴﺮﻉ -ﻛﻤﺎ ﻗﻠﺖ ﻣﺮاﺭا – ﺑﺈﻃﻼﻕ اﺳﻢ اﻟﺒﺪﻋﺔ ﻭﺟﻌﻠﻬﺎ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻰ اﻟﻨﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺷﻰء ﺟﺪﻳﺪ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺑﺼﻮﺭﺗﻪ اﻟﺤﺎﻟﻴﺔ ﻣﻮﺟﻮﺩا ﻓﻰ ﻋﻬﺪ اﻟﺘﺸﺮﻳﻊ، ﻓﻘﺪ ﻳﻜﻮﻥ ﻟﻪ ﺃﺻﻞ ﻣﺸﺮﻭﻉ، ﻭاﻟﺼﻮﺭﺓ ﻫﻰ اﻟﺘﻰ ﺗﻐﻴﺮﺕ، ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻧﺖ اﻟﺼﻮﺭﺓ ﻏﻴﺮ ﺧﺎﺭﺟﺔ ﻋﻦ اﻟﺪﻳﻦ ﻓﻼ ﺑﺄﺱ ﺑﻬﺎ ﺃﺑﺪا، ﻭﺳﻨﺔ اﻟﺘﻄﻮﺭ ﺗﻘﻀﻰ ﺑﺬﻟﻚ ﻣﺎ ﺩاﻣﺖ ﻓﻰ اﻹﻃﺎﺭ اﻟﻌﺎﻡ ﻟﻠﺪﻳﻦ، ﻭﻓﻰ اﻟﺘﻨﺒﻴﻪ ﻋﻠﻰ اﻟﺴﺤﻮﺭ ﺩﻻﻟﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻴﺮ ﻭﺗﻌﺎﻭﻥ ﻋﻠﻰ اﻟﺒﺮ، ﻭاﻟﺪاﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻴﺮ ﻛﻔﺎﻋﻠﻪ، ﻭاﻟﻠﻪ ﻓﻰ ﻋﻮﻥ اﻟﻌﺒﺪ ﻣﺎ ﺩاﻡ اﻟﻌﺒﺪ ﻓﻰ ﻋﻮﻥ ﺃﺧﻴﻪ.
Menurut kami, membangunkan saat sahur memiliki dasar dalam agama. Di masa Nabi berbentuk adzan pertama dari Bilal. Sesudah itu berkembang dengan berbagai media, dengan alat penerang, mengumandangkan syair, memukul alat dan sebagainya. Dan tidak boleh serta merta dikatakan bidah hanya karena tidak ada di masa Nabi.
Mengingatkan saat Sahur menunjukkan kebaikan, membantu kebaikan. Orang yang menunjukkan kebaikan sama seperti yang melakukannya. Allah akan menolong orang yang menolong agama Allah.