Wanita Haid Membaca Yasin? Ini Penjelasan Ulama

 Wanita Haid Membaca Yasin? Ini Penjelasan Ulama

Mengenal Adab Membaca al-Qur’an Berdasarkan Terjemahan Majmu Syarif (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Beberapa ulama memperbolehkan wanita haid membaca Alquran, termasuk surah-surah di dalamnya seperti surah Yasin. Namun ada juga ulama yang melarang wanita haid untuk membaca Alquran.

Wanita haid tidak boleh membaca Alquran, dengan syarat dalam mengucapkan ayat-ayat tersebut, dia berniat untuk membaca Alquran walau beserta niat lain. Ketentuan hukum ini berlaku pada seluruh ayat-ayat yang ada dalam Alquran.

Sebagaimana Sayyid ‘Alawi sayid Ahmad Assaqah dalam karyanya Tarsyikh al-Mustafidin vol.29 menjelaskan;

(قوله بقصده) أى القرآن أي إنما تحرم القراءة بشروط منها كونه بقصد القراءة وحدها أو مع غيرها فإن لم يقصد القراءة بأن قصد نحو ذكره أو مواعظه أو قصصه أو التحفظ أو التحصين ولم يقصد معها القراءة لم تحرم وكذا ان أطلق- كالجنابة لا يكون قرآن إلا بالقصد ولو بما لا يوجد نظمه في غير القرآن كسورة الإخلاص لكن تكره به ولو في حالة الإطلاق

“Haram membaca Alquran dengan beberapa syarat, di antaranya membaca dengan niat Qira’ah (membaca Alquran) atau niat Qira’ah beserta niat lainnya. Apabila tidak ada niatan Qira’ah, (semisal) dengan niat zikir, mau’idzah, menghafal atau menjaganya dan tidak beserta niat Qira’ah maka tidak dilarang, begitu pula bila tidak ada niatan apapun dalam membacanya. Sebagaimana seorang yang hadas besar (Janabah) tidak dianggap (membaca) Alquran kecuali dengan niatan tersebut. (Hukum tersebut tetap) walau dalam ayat yang tidak ada (pakai) kecuali dalam Alquran”.

Mengurangi Kemuliaan Alquran

Larangan wanita haid membaca Alquran selain di atas ialah anggapan dapat mengurangi kemuliaan Alquran. Syaikh Zakariya al-Anshari dalam karyanya al-Ghurarul Bahiyah fi SYarhil Bahjah al-Waridiyah juz.02 vol.87, mengatakan;

إن قصد بها الحائض أو النفساء ولو كافرة للإخلال بالتعظيم فإن لم تقصدها بأن قصدت غيرها أو لم تقصد شيئا فلا منع لعدم الإخلال لأنه لا يكون قرآنا بالقصد كما قاله النووي وغيره

“(Tidak diperbolehkan) bila wanita haid dan nifas (membaca) dengan niat membaca Alquran (Qira’ah) walau wanita non-muslim sebab mengurangi kemuliaan Alquran. Apabila tidak ada niatan membaca Alquran (Qira’ah) semisal niat lainnya atau tidak ada niatan apa pun maka tidak dilarang. Lantaran tidak ada unsur mengurangi kemuliaannya sebab tidak dihukumi Alquran kecuali dengan adanya niat, seperti penyampaian al-Nawawi.”

Oleh karena itulah wanita haid tidak boleh membaca surah Yasin dalam Alquran dengan berbagai niat. Sebab, surah Yasin adalah surah yang mulia di dalam Alquran, bukan terkecuali.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *