Kabar Nasional

Zainut Tauhid Khawatir WNI Eks ISIS Tularkan Pemikiran Radikal

HIDAYATUNA.COM, Padang — Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikn khawatirannya jika eks anggota ISIS kembali ke tanah air. Ia mengatakan bahwa, eks anggota ISIS berpotensi dapat menularkan pemikiran radikal dan paham ekstrem kepada orang lain begitu kembali ke Indonesia nantinya.

“Kita tunggu saja keputusan pemerintah,” ujar Zainut di Padang, dikutip (12/2/2020).

Sebelumnya, isu pemulangan eks ISIS mencuat bermula dari pernyataan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Namun, pernyataan tersebut kemudian diralat dan disebutkan pemulangan mantan anggota ISIS masih dalam tahap kajian.

Presiden Jokowi pun juga sempat menyinggung terkait dengan pemulangan para eks ISIS tersebut. “Sampai saat ini masih dalam pembahasan. Sebentar lagi kita akan putuskan kalau sudah dirataskan. Semuanya masih dalam proses plus dan minusnya,” kata Jokowi.

Zainut berharap pemerintah dapat memastikan status hukum warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan mantan anggota ISIS sebelum diputuskan boleh kembali ke Tanah Air. Menurut Zainut, hal ini nanti akan dibahas melalui rapat terbatas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kan status hukumnya harus jelas dulu. Nanti bapak presiden akan sampaikan pernyatannya. Jadi dibahas di ratas dulu,” tandasnya.

Baca Juga :  Demoraksi Indonesia Menjadi Hard Landing Ketika Radikalisme Tak Terkendali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close