Cancel Preloader

Yuk Mulai Puasa Sunah! Ini 4 Hikmah Berharganya

 Yuk Mulai Puasa Sunah! Ini 4 Hikmah Berharganya

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Selain menjalankan ibadah wajib, kita juga bisa menjalankan sunah Rasulullah saw yang mampu menambah pahala kita. Salah satunya adalah dengan berpuasa sunah.

Ada banyak sekali puasa sunah yang bisa kita jalankan, seperti puasa senin-kamis, puasa daud, puasa arafah, dan puasa saat bulan syaban.

Kesemua puasa sunah tersebut, ketika bisa kita jalankan meskipun hanya satu jenis puasa saja, hal itu sudah sangat baik jika kita bisa melakukannya secara konsisten.

Kita ketahui bersama bahwa hadirnya Islam di tengah-tengah umat muslim adalah dengan membawa ajaran yang baik. Agar setiap manusia bisa menjalankan perintah Allah SWT, sehingga kelak bisa berkumpul di surga-Nya.

Apa pun yang diajarkan oleh Islam pasti memiliki hikmah yang bisa kita petik serta manfaat yang berdampak bagi diri sendiri maupun seluruh umat. Begitu pun saat kita melakukan puasa sunah.

Ada banyak hikmah yang bisa kita dapatkan. Apa saja hikmah-hikmah itu?

Berlatih Untuk Bisa Menahan Hawa Nafsu

Setiap manusia pasti memiliki hawa nafsu. Namun keberadaan dari hawa nafsu sendiri tidak bisa dipersalahkan.

Kita sebagai manusialah yang harus bijak untuk bisa mengelolanya. Itulah mengapa, nafsu menjadi suatu hal yang berat untuk kita kalahkan.

Oleh karena itu, sebagai upaya melatih diri untuk melawan hawa nafsu, kita bisa mulai dengan berpuasa sunah.

Saat kita puasa bukan saja menahan makan dan minum, tetapi juga menahan untuk tidak marah, tidak berhubungan suami istri, dan hal negatif lainnya. Sehingga, diri kita akan terlatih untuk bisa mengendalikan hawa nafsu.

Berlatih Untuk Bisa Konsisten Menjalankan Ibadah

Ketika kita menjalankan puasa sunah dan berusaha untuk terus melakukannya, maka seiring berjalannya waktu akan membuat kita semakin terbiasa. Lama-kelamaan hal ini akan menjadi ibadah yang tidak bisa ditinggalkan.

Kita akan menjadi lebih konsisten dalam beribadah kepada Allah SWT, bahkan ingin terus meningkatkannya.

Mengajarkan Agar Bisa Hidup Sederhana

Setiap orang di dunia ini memiliki nasib yang berbeda-beda. Ada yang hidup dengan bergelimang harta, ada yang hidup sederhana, dan ada juga yang hidupnya kekurangan.

Kita diajarkan untuk selalu melihat yang di bawah agar bisa mengetahui sekaligus merasakan kesulitan yang mereka hadapi. Hal ini menyadarkan bahwa masih ada orang yang hidupnya tidak seberuntung kita.

Ketika berpuasa sunah, otomatis kita tidak makan dan minum dari pagi hingga sore. Selama itulah kita tidak bisa membeli makanan maupun minuman.

Ini menjadi momen di mana kita telah mendapat pelajaran untuk merasakan hidup sederhana. Sehingga diri ini lebih bisa menghargai orang lain yang kurang beruntung.

Mendapatkan Tubuh yang Lebih Sehat

Berpuasa tidak hanya berurusan antara kita dengan Sang Pencipta saja. Tetapi dengan menjalankannya, hal ini memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh kita.

Puasa mampu untuk membantu mengeluarkan racun yang ada di tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih sehat. Berbeda saat kita tidak berpuasa, mudah sekali untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan, bahkan yang tidak sehat sekali pun.

Tetapi saat kita berpuasa, maka kita lebih bisa mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Bahkan sebagian besar orang yang menderita penyakit berbahaya seperti diabetes dan obesitas. Biasanya akan disarankan untuk berpuasa dalam upaya membebaskan diri dari penyakit tersebut.

Dengan mengetahui beberapa hikmah dari berpuasa sunah tersebut, diharapkan hal ini bisa memberikan kesadaran pada diri kita tentang betapa pentingnya puasa sunah. Inilah yang memotivasi diri kita semakin termotivasi untuk mulai menjalankan puasa sunah dan menjadikannya bagian dari kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × three =