Cancel Preloader

Yang Tersembunyi Di Hati Akan Tampak Di Wajah

 Yang Tersembunyi  Di Hati Akan Tampak  Di Wajah
Digiqole ad

Oleh: Prof. Ahmad Thib Raya

HIDAYATUNA.COM – Ada pesan hikmah Ibn Atha’illah yang paling singkat, tetapi maknanya dalam, cakupannya luas, dan isinya padat. Beliau berkata:

“Apa yang tersimpan di kedalaman batin akan tampak pada penampilan lahir.”

Kalimat ini begitu bijak, singkat dan padat disampaikan oleh Ibnu Atha’illah, dalam pesan hikmahnya yang ke-27, yang tertuang di dalam bukunya, Terjemah al-Hikam, hal. 45.

Hatimu adalah sesuatu yang tersimpan jauh di dalam sana. Seringkali kita mendengar ungkapan orang yang menyatakan: “Apa yang ada di dalam hatimu, tidak akan ada yang tahu.”  Tetapi, Ibn Atha’illah menyatakan sebaliknya. Apa yang ada kedalaman batinnya akan tampak pada penampilan lahirnya. Ungkapan ini yang benar. Tidakkah Anda melihat seseorang yang murung terlihat di wajahnya, berarti batinnya sedang galau, sedang sedih, sedang kecewa.

Tidakkah Anda seseorang yang ceria dan gembira, itu pertanda bahwa hatinya lagi senang. Orang yang di dalam hatinya ada kesombongan, pasti akan terlihat pada penampilan luarnya. Seseorang yang Anda lihat mukanya selalu ceria, dan penampilannya selalu menyenangkan, itu pertanda bahwa batin orang itu selalu gembira dan senang, bagaikan dia tidak memiliki masalah apa pun.  Bagi dia, ada masalah, dianggapnya tidak ada masalah.

Orang yang sesungguhnya berbuat sesuai dengan keikhlasan di dalam hati, akan selalu menyenangkan. Sementara orang yang mengerjakan sesuatu dengan tidak ikhlas, akan terlihat di wajahnya. Catatlah: “Wajahmu adalah cermin bagi batinmu, dan wajahmu adalah gate bagi hatimu.” Rasulullah, panutan kita berkata: “Sesungguhnya Allah tidak akan wajahmu dan penampilan lahirnya, tetapi Allah akan memperhatikan batinmu dan hatimu. Jadilah manusia yang wajahnya selalu ceria dan penampilannya menyenangkan, karena hatimu yang selalu senang dan menyenangkan.”


Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − fifteen =