Cancel Preloader

Wudhu Dulu Atau Skincare Dulu?

 Wudhu Dulu Atau Skincare Dulu?

Puasa menggunakan krim dan minyak rambut (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Aktivitas wudhu menjadi syarat wajib sebelum salat lima waktu. Sementara mencuci muka dengan skincare secara rutin juga tidak boleh ditinggalkan, terlebih setelah bepergian atau ketika hendak tidur dan saat bangun tidur.

Kalau melihat keutamaannya, tentu wudhu adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum salat ketimbang memakai skincare. Sekalipun sama-sama melalui mencuci muka. Namun bagaimana jika sebelum wudhu sudah mencuci muka lebih dulu dengan skincare?

Ustaz Anas Ubaidillah, dilansir dari Bincangsyariah.com menjelaskan, sebelum melakukan wudhu, usahakan wajah bersih dari kosmetik. Termasuk skincare yang dapat dapat menghalangi air ke permukaan kulit wajah atau benda yang dapat mengubah netralitas air.

Menurutnya, di antara benda yang dapat menghalangi air sampai ke wajah adalah kotoran mata, make up water proof, eyeliner, pensil alis, dan skincare. Kemudian tanah, cat, tipe x, minyak goreng, oli, dan sejenisnya.

Adapun benda yang bisa mengubah netralitas air adalah bedak, lotion wajah atau skincare, cream wajah, dan sejenisnya Hal ini lantaran air yang masih netral apabila langsung bertemu dengan, misalnya skincare, benda tersebut akan larut sehingga menghilangkan netralitas air.

Oleh karena itu sebelum wudhu, dianjurkan untuk membersihkan wajah dari benda-benda tersebut sampai bersih, baru kemudian berwudhu. Jika setelah melaksanakan salat hendak kembali mengaplikasikan skincare atau bedak ke wajah maka tidak ada masalah.

Begitulah Islam, amat kompleks mengatur segala hal yang berhubungan dengan ibadah. Sebagaimana mencuci muka menggunakan skincare, wudhu pun bukan sekadar membersihkan badan dari segala kotoran, tetapi juga dari zat-zat yang membahayakan. Wallahu’alam.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 2 =