WHO Anjurkan Puasa Sehat Mendekati Ramadhan

 WHO Anjurkan Puasa Sehat Mendekati Ramadhan

Idulfitri: antara Tuntunan dan Tradisi Muslim di Indonesia (Ilustrasi/Freepik)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Bulan Ramadhan diperkirakan akan dimulai minggu depan dan umat Islam di seluruh dunia tinggal menghitung hari menuju bulan suci. World Health Organization (WHO) memberikan saran tentang puasa yang sehat selama Ramadhan, mulai dari menghindari makanan manis hingga mengonsumsi buah dan sayuran.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang puasa selama Ramadhan, menurut WHO selama Ramadhan, umat Islam tidak dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman selama waktu antara matahari terbit hingga terbenam.

Aktivitas menahan lapar dan haus itulah yang disebut puasa. Jadi, umat Islam memulai puasanya dengan makan sebelum matahari terbit, dan kemudian berbuka puasa setelah matahari terbenam.

Secara tradisional berbuka puasa termasuk makan tiga kurma, diikuti dengan makan makanan berat sebagaimana biasa.

Tahun ini, Ramadhan akan dimulai pada 22 atau 23 Maret dan berakhir pada 21 April, saat bulan sabit terlihat di langit.

Saat kita bersiap untuk merayakan satu bulan penuh kemeriahan, berikut adalah panduan puasa yang dikemukakan oleh WHO yang harus kita ingat agar tetap sehat sepanjang bulan:

  1. Perbanyak minum air: Puasa dimulai dengan sahur, mengonsumsi makanan sebelum matahari terbit, dan diakhiri dengan buka puasa.Namun, di antaranya, kita harus ingat untuk minum banyak air dan tetap terhidrasi sepanjang waktu, untuk memberi tubuh nutrisi yang hilang.
  2. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dengan kandungan air yang lebih banyak akan membantu menghidrasi tubuh dan menjaganya tetap sehat.
  3. Usahakan agar berada di tempat yang sejuk dan teduh, dengan puasa setidaknya 15 hingga 16 jam, penting untuk tetap berada di tempat yang sejuk dan teduh agar tubuh tetap terhidrasi dan sehat.
  4. Sangat penting untuk memasukkan sayuran, satu porsi karbohidrat, dan makanan kaya protein untuk meningkatkan energi tubuh.
  5. Dianjurkan juga untuk menghindari konsumsi makanan manis dalam jumlah besar setelah berbuka puasa. Konsumsi makanan yang kaya lemak juga harus dibatasi.
  6. Disarankan untuk menggunakan metode memasak selain menggoreng untuk menjaga kesehatan tubuh selama Ramadhan

Itulah 6 anjuran atau saran dari WHO kepada umat muslim yang sebentar lagi menunaikan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan. []

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *