Viral, Mahasiswa UIN Jogja Wisuda Online Sambil Menikah, Ini Tanggapan Rektor

 Viral, Mahasiswa UIN Jogja Wisuda Online Sambil Menikah, Ini Tanggapan Rektor

Viral, Mahasiswa UIN Jogja Wisuda Online Sambil Menikah, Ini Tanggapan Rektor

HIDAYATUNA.COM – Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, berbagai hal yang biasanya dilaksanakan melalui pertemuan tatap muka dialihkan kedalam moda online atau daring. Hal tersebut termasuk prosesi wisuda yang belakangan ini dilaksanakan oleh pihak-pihak institusi pendidikan secara online, demi menghindari terjadinya kerumunan dan mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Momen-momen wisuda melalui video converence pun menjadi hal biasa dan lumrah yang banyak dibagikan oleh masyarakat melalui berbagai laman media sosial sehingga hashtag #angkatancorona sempat menjadi trending.

Belakangan ini foto prosesi wisuda daring seorang mahasiswa menjadi viral. Foto seorang mahasiswa yang diketahui merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri Indonesia (UIN) Sunan Kalijaga, Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) tersebut mencuri perhatian lantaran mahasiswa tersebut mengikuti wisuda online namun sambil duduk di pelaminan.

Dalam foto tersebut terlihat pula sosok mempelai wanita duduk disampingnya. Foto prosesi wisuda online yang diikutinya sembari melaksanakan pernikahan tersebut kemudian beredar di media sosial.

Muhammad Nur Najhan, adalah sosok yang belakangan diketahui merupakan pria di dalam foto tersebut.

Dilansir dari Kompas, Najhan membenarkan bahwa acara pernikahan sekaligus wisuda online-nya memangdigelar pada hari yang sama, pada Rabu (22/7/2020) lalu.

Menurutnya, acara wisuda semestinya telah digelar pada April lalu. Namun, karena masa pandemi, acara wisuda pun diundur dengan waktu yang belum dipastikan.

Najhan pun melamar kekasihnya dan mereka bertekad menikah, sehingga keluarga sepakat pernikahan tersebut digelar pada 22 juli atau bertepatan dengan 1 Zul Hijjah dan tanpa direncanakan, ternyata wisudanya dijadwalkan ulang dilaksanakan secara online pada tanggal yang sama.

“Kemarin ketemu dua keluarga, ditentukan 22 Juli bertepatan dengan satu Zul Hijjah. Ini sudah ditentukan lama, sudah satu bulanan,” ungkap Najhan dikutip hidayatuna.com .

Dalam foto yang beredar Najhan terlihat mengikuti wisuda online tanpa mengenakan toga dan duduk di pelaminan.

Setelah akad sekitar pukul 07.00 WIB, mahasiswa asal Kecamatan Seruyan, Kalimantan Tengah itu segera mengikuti wisuda UIN Sunan Kalijaga secara online.

“Enggak ada persiapan, pas jamnya langsung gabung aja sama yang wisuda online. Saya nggak pakai toga, masih pakai baju akad nikah,” bebernya.

Menanggapi hal tersebut Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al-Makin pun memberikan ucapan selamat kepada mahasiswanya tersebut.

“Mohon maaf, agak lupa Saya ingin mengucapkan selamat berbahagia kepada wisudawan Muhammad Nur Najhan yang telah melaksanakan pernikahan. Nikah di era corona saya kira cepat berlipat,” ujar Al-Makin, Rabu (22/07/20).

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × four =