Cancel Preloader

Viral Imam Shalat Mike Tyson Pakai Celana Pendek, Bagaimana Hukumnya?

 Viral Imam Shalat Mike Tyson Pakai Celana Pendek, Bagaimana Hukumnya?

Viral Imam Shalat Mike Tyson Pakai Celana Pendek, Bagaimana Hukumnya

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Video shalat jamaah dua petinju juara dunia, Mike Tyson dan Badou Jack yang diimami Amer Abdallah dengan mengenakan celana pendek menjadi viral di media sosial

Lantas bagaimana hukumnya? Apakah shalatnya sah atau tidak?

Sebagaimana diketahui, salah satu syarat sah shalat adalah dengan menutup aurat. Dalam hukum fiqih Islam, khususnya di kalangan 4 imam mazhab, terdapat sejumlah pendapat mengenai batasan menutup aurat dalam shalat.

Antara Imam Syafi’i, Hanafi dan Maliki ketiganya tak jauh berbeda mengenai batasan aurat laki-laki. Yakni dari pusar hingga lutut kaki. Sementara menurut Mazhab Imam Maliki, ada dua jenis batasan aurat baik laki-laki maupun perempuan.

Imam Maliki membagi aurat menjadi dua bagian. Yakni aurat mugalazah dan mukhafafah.

Dilansir dari Islamico, yang dimaksud aurat mugalazah bagi laki-laki adalah dubur (lubang belakang) dan qubul (lubang depan). Sementara mengenai aurat mukhofafah adalah bagian tubuh antara pusar hingga lutut yang selain dubur dan qubul.

Sedangkan, aurat mugalazah bagi perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah, telapak tangan, ujung-ujung badan (seperti kepala, tangan dan kaki), dada dan bahu. Sedangkan aurat mukhafafah yaitu pundak, pergelangan tangan, leher, kepala dan kaki bagian lutut hingga ujung kaki.

Untuk di kalangan umat Islam penganut malikiah, jika merujuk pada mazhab Imam Maliki shalat yang dilakukan oleh Amer Abdallah sah, meski ia mengenakan celana pendek yang tidak menutupi lutut.

Menurut madzhab Maliki, aurat mugalazah wajib ditutup ketika shalat, jika terbuka maka batal lah shalatnya. Sedangkan aurat mukhafafah jika terbuka seluruhnya atau sebagian maka tidak membatalkan shalat, tetapi makruh hukumnya jika dibuka.

Menutup Lutut

Sementara menurut pandangan 3 madzhab lainnya, menutup aurat yakni menutup pusar hingga lutut menjadi syarat sahnya shalat. Apabila tidak ditutupi, maka shalat mengenakan celana pendek, menurut pendapat 3 Mazhab yakni Syafi’i, Hanafi dan Hambali tidak sah.

Dalam bab shalat, batasan aurat secara syara’ bisa dilihat penjelasannya pada penuturan Syekh Muhammad bin Qasim dalam Fathul Qarîb (Surabaya: Kharisma, tt), hal. 12:

“Aurat lelaki (yang wajib ditutupi) ialah anggota tubuh antara pusar hingga lutut,.. dan aurat perempuan dalam shalat ialah seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangannya baik luar maupun dalam hingga batas pergelangan.”

Sebagai informasi, sebelumnya mantan juara tinju dunia asal Swedia, Badou Jack mengunggah video dirinya melakukan shalat berjamaah dengan legenda tinju Mike Tyson. Video tersebut viral di media sosial Twitter.

Namun, ada pemandangan tidak lazim dalam rekaman video shalat berjamaah mereka. Dimana si imam yakni Amer Abdallah ditunjuk sebagai imam hanya mengenakan celana pendek.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 3 =