Kabar Daerah

Usir Sifat Malas, Ponpes di Jombang Gelar Ruqyah Massal


HIDAYATUNA.COM, Jombang— Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang menggelar ruqyah massal sebagai bentuk usaha untuk mengobati rasa malas para santri.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Jamiyah Ruqyah Aswaja (JRA) Jombang mengatakan, ruqyah Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) memang tidak melulu bisa mengobati penyakit yang berkaitan dengan medis, non medispun juga dapat ditangani, seperti sifat malas dan sebagainya. Semua itu bisa diobati dengan terapi ayat-ayat Al-Qur’an melalui metode-metode tertentu. 

“Kita gunakan teknik inabah. Teknik mengajak kepada seseorang untuk bertaubat bersama-sama. Teknik ini tidak dibacakan Al-Qur’an seperti pada umumnya akan tetapi lebih pada motivasi-motivasi agar kita bertaubat kepada Allah Swt,” katanya, dikutip Rabu (19/2/2020). 

Ia mengatakan, banyak kesalahan yang mereka perbuat selama ini dan butuh bertaubat memperbaiki kesehatan-kesalahannya itu. Tangisan dan jeritan santri itu adalah efek dari ruqyah yang menunjukkan bahwa ada potensi positif bagi santri untuk berubah menjadi lebih baik.

“Hampir mayoritas menangis semunya, bahkan banyak yang menjerit karena merasa banyak dosanya, banyak kesalahan kepada orang tua dan gurunya. Memang di teknik inabah itu kita motivasi santri untuk taat kepada orang tua,” ujarnya.

Ruqyah pada kesempatan ini berlangsung di tiga titik. Pertama berlangsung di aula Pesantren Mambaul Ma’arif khusus santri putri, kedua dilakukan di kawasan pondok putra diikuti oleh sekitar 350 santriwan.

Kemudian ruqyah juga digelar di halaman masjid Jami’ Pesantren Mambaul Ma’arif diikuti oleh 50-an santri putra. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Baca Juga :  Pondok Pesantren Nurul Islam (PPNI) Seribandung Adakan Pawai Keliling Kampung
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close