Unik: Punya Nama Baru Setelah Pulang Haji

 Unik: Punya Nama Baru Setelah Pulang Haji

Foto: Jamaah Haji asal Madura (istimewa/net)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Madura – Jamaah haji asal Madura membawa keunikan tersendiri ketika sudah pulang ke tanah air setelah menunaikan ibadah Haji, mereka punya nama panggilan baru. Bagi laki-laki biasanya dipanggil dengan panggilan ‘Pak Haji’, sedang perempuan dipanggil ‘Bu Haji’. Panggilan itu tak ubahnya bentuk penghormatan orang yang sudah menunaikan ibadah haji. Seperti Mistiya (58), jemaah haji asal Pamekasan ini mengaku sudah mengubah namanya menjadi Hj Siti Solihah. Sementara suaminya, Sapari (63) berubah nama menjadi H Syamsuddin.

“Saya mendapatkan nama baru ini dari KH Muhammad Hariri. Kita semua yang meminta diberi nama baru lalu ditulis dalam sebuah kertas putih,” kata Mistiya di hotelnya saat ditemui Media Center Haji, Arab Saudi, pada hari Kamis (29/8/2019).

Nama-nama baru itu memang sengaja diberikan langsung oleh kiai pembimbing ibadahnya. Setelah selesai menunaikan ibadah haji, jemaah asal Madura ini berkumpul dengan pembimbing hajinya dan diberikan nama-nama barunya. “Tidak dipungut biaya (saat meminta nama baru),” ujarnya.

Setelah mendapatkan nama baru, Mistiya dan suami lalu mengabarkan kepada anaknya di Pamekasan Madura. Selain anak, nama baru juga akan diumumkan kepada keluarga dan tetangga dekatnya.

“Foto dan nama barunya akan dicetak lalu dipigura dan ditempel di atas tembok buat hiasan dinding sekaligus mengumumkan kepada para tetangga nama baru kami setelah haji,” pungkasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 4 =