Umat Muslim Prancis Diminta Tunda Ibadah Haji

 Umat Muslim Prancis Diminta Tunda Ibadah Haji
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Presiden Dewan Agama Islam Prancis (CFCM), Mohamed Moussaoui, meminta umat Islam di Prancis untuk menunda ibadah haji sampai tahun depan.

Sebelumnya CFCM telah telah melakukan pembahasan terkait penundaan perjalanan Ibadah Haji bagi Muslim di Prancis dalam konferensi virtual pada hari Rabu, 10 Juni 2020. Dalam keadaan normal, tahun ini ibadah haji dijadwalkan akan berlangsung antara minggu terakhir bulan Juli dan minggu pertama bulan Agustus 2020.

Mengingat penyebaran pandemi Covid-19, CFCM meminta mereka yang ingin melakukan perjalanan haji untuk sangat berhati-hati dan waspada. CFCM menyarankan agar umat muslim yang tidak Ini tidak memilih agen perjalanan yang meminta setoran awal karena dalam kondisi seperti saat ini, meskipun mengambil asuransi tidak akan berpengaruh jika terjadi pembatalan.

Berbagai hal terkait layanan pemberangkatan haji hingga saat ini menurut pihak CFCM juga belum dipastikan seperti pembukaan perbatasan internasional (tanggal, karantina, dan lain sebagainya.). Oleh karena itu CFCM sangat menyarankan agar umat Islam di Prancis menunda perjalan mereka ke Tanah Suci hingga tahun depan.

“Untuk menjaga kehidupan orang-orang mereka, banyak dari mereka yang sudah tua dan karena itu lebih rentan terhadap infeksi Covid-19,” kata pihak CFCM dalam sebuah keterangan, dikutip dari Arab News, Jumat (13/6/20).

Meskipun terdapat penurunan jumlah infeksi Covid-19 di wilayah tertentu di dunia, tidak ada otoritas medis yang dapat meyakinkan tentang risiko yang dihadapi ketika melakukan sebuah perjalanan.

Sebelumnya, telah banyak negara-negara Muslim yang mengumumkan pembatalan pemberangkatan Jamaah Haji mereka tahun ini dikarenakan pandemi. Para cendekiawan Muslim dan Ulama dunia membenarkan bahwa dalam ajaran Islam menyelamatkan jiwa manusia perlu diutamakan dari melaksanakan ibadah. (AS/Hidayatuna.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × two =