Cancel Preloader

Ulama Internasional Intruksikan Umat Islam Bantu Korban Gempa Sulbar

 Ulama Internasional Intruksikan Umat Islam Bantu Korban Gempa Sulbar

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Bencana alam yang menimpa Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat (15/1) lalu turut menyedot perhatian dari ulama-ulama internasional. Bahkan mereka mengintruksikan umat Islam di seluruh dunia turut membantu para korban gempa.

Hal ini disampaikan langsung Sekretaris Jenderal Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS) Ali al-Qaradaghi dalam keterangan persnya. Dilansir dari Anadolu Agency, ia meminta negara-negara Islam dan organisasi kemanusiaan menyalurkan bantuan darurat kepada warga Indonesia yang terdampak bencana.

“Kami meminta negara-negara Islam dan organisasi kemanusiaan untuk memberikan bantuan darurat kepada Indonesia pasca gempa,” ungkap Ali al-Qaradaghi dikutip Senin (18/1/20221)

Selain itu, Ali juga menyampaikan duka mendalam atas musibah yang menimba Indonesia. Dirinya mendoakan agar para korban diberikan ketabahan dan kehidupan kembali pulih sedia kala.

“Kami menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia atas para korban gempa,” jelasnya.

Sebagai informasi, pada Jumat, 15 Januari 2021 lalu, salah satu kawasan Indonesia, tepatnya di Sulbar terjadi gempa bumi besar.

Gempa dengan kekuatan 6,2 skala richter itu menimbulkan banyak kerusakan di Sulbar. Bahkan banyak korban yang berjatuhan akibat gempa tersebut.

Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mencatat hingga Sabtu pukul 20.00 WIB, korban meninggal dunia akibat gempat di Sulawesi Barat telah mencapai 56 orang.

Sekitar 15.000 orang telah dievakuasi ke 15 tempat penampungan dari daerah bencana. Selain itu, terdapat 637 korban luka di kabupaten Majene dengan rincian antara 12 orang luka berat, 200 orang luka sedang dan 425 orang luka ringan.

Sedangkan di Kabupaten Mamuju terdapat 189 orang mengalami luka berat atau rawat inap.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × one =