Tragedi Ledakan Beirut, Muhammadiyah Minta Pemerintah RI Berikan Bantuan ke Lebanon

 Tragedi Ledakan Beirut, Muhammadiyah Minta Pemerintah RI Berikan Bantuan ke Lebanon

Tragedi Ledakan Beirut, Muhammadiyah Minta Pemerintah RI Berikan Bantuan Ke Lebanon

HIDAYATUNA.COM – Setelah sebuah ledakan dahsyat terjadi di gudang-gudang pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa (4/8/20) yang diketahui menyimpan bahan-bahan yang sangat eksplosif menewaskan setidaknya 78 orang, melukai hampir 4.000 orang.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haidar Nashir menyampaikan duka mendalam atas musibah yang menimpa Lebanon tersebut. Serta mendoakan para korban dalam insiden ledakan besar itu dan keselamatan bagi WNI yang tinggal di Beirut

Melalui keterangan tertulisnya Rabu (5/8/20) Haidar juga meminta pemerintah RI untuk dapat memberikan dukungan atas musibah yang menimpa Lebanon yang hingga kini jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih banyaknya orang yang terjebak dalam reruntuhan akibat ledakan.

“Kepada Pemerintah RI kiranya dapat memberikan dukungan dan bantuan kemanusiaan untuk pemerintah dan rakyat Lebanon sebagaimana mestinya sebagai wujud solidaritas antarbangsa. Demikian pula kepada negara-negara Arab dan dunia Islam untuk menggalang bantuan dan solidaritas kemanusiaan dalam semangat solidaritas dunia Arab,” kata Haedar.

Atas musibah ledakan ini, Haedar berharap agar kondisi saat ini bisa segera pulih. Untuk mendukung pemulihan tersebut, Haedar berharap pemerintah Indonesia bisa memberikan bantuan kepada Lebanon.

Dilansir dari National Post, traged ledakan Beirut (4/7/20) adalah ledakan paling kuat dalam beberapa tahun di Beirut, yang tengah pulih dari krisis ekonomi dan lonjakan infeksi Covid-19.

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan bahwa 2.750 ton amonium nitrat yang disebut-sebut sebagai penyebab ledakan hebat, yang selama selama enam tahun telah tersimpan di pelabuhan tanpa langkah-langkah keamanan “tidak dapat diterima.”

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten + six =