Tips Agar Punya Hati Ikhlas Menurut Gus Baha

 Tips Agar Punya Hati Ikhlas Menurut Gus Baha

Gus Baha berikan tips agar hati ikhlas (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ulama ahli fiqh dan tafsir, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang lebih akrab disapa Gus Baha memberikan tips agar seseorang bisa ikhlas. Kiai muda asal Rembang itu menyebut bahwa ikhlas itu berpangkal dari rasa kepemilikan atas sesuatu sehingga dia merasa terikat.

Gus Baha menyebutkan bahwa seseorang yang merasa tidak memiliki akan mudah ikhlas. Ia berpesan agar seseorang bisa meyakinkan bahwa segala sesuatu di muka bumi adalah milik Allah.

“Ikhlas itu gampang. Sudah saya bilang kalau kamu yakin ilmu itu milik Allah, ngasihkan itu juga ikhlas itu milik Allah,” ungkap Gus Baha dilansir dari video pendek yang diunggah akun Instagram @kajian_gusbaha, Kamis (24/3/2022).

Merasa tidak memiliki, kata Gus Baha, membuat seseorang tidak terikat sehingga memungkinkan untuk ikhlas.

“Apa sih yang kamu punya, sayangnya kamu tidak ikhlas. Uang milik Allah, energi kita milik Allah, bumi milik Allah, kemudian kamu merasa memiliki. Kalau dalam ilmu tasawuf, sudah kesalahan. Bagaimana anda punya?” ungkap Gus Baha.

“Coba, tahu-tahu tanah itu kok milik Anda? Karena saya beli. Iya, beli dari orang. Padahal yang punya tanah pemilik Allah,” imbuhnya.

Sesuatu yang dimiliki bukanlah pemilik yang sebenarnya. Pemilik sebenarnya, kata Gus Baha, adalah pemilik bumi yaitu Allah SWT.

“Apa benar kamu pernah beli sama Allah? Kamu ini pemilik nisbi, pemilik yang tidak sebenarnya,” jelasnya.

Menurut Gus Baha yang benar-benar pemilik itu Allah. “Kok kamu merasa itu bumi kamu, itu atas nama apa coba?” pungkasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − fifteen =