Tiga Kampus Islam Ini Berubah Bentuk dan Nama

 Tiga Kampus Islam Ini Berubah Bentuk dan Nama

Tiga Kampus Islam Ini Berubah Bentuk dan Nama

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam upaya untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi, tiga kampus Islam yang berada di bawah naungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) merubah bentuk dan nama kampus.

Perubahan ini resmi tercatat sejak pada Januari 2021. Terkait tiga kampus Islam yang telah mengubah bentuknya adalah Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mambaul Ulum Jambi dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Inter Muhammadiyah Batam.

Adapun perubahan kampus Islam pertama adalah IAI Sunan Giri Bojonegoro berubah menjadi nama Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro.

Kedua, STIT Mambaul Ulum Jambi berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mambaul Ulum Jambi. Ketiga, STIT Inter Muhammadiyah Batam berubah nama menjadi STIT International Muhammadiyah Batam.

Keputusan perubahan ini ditetapkan berdasarkan dari Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang Perubahan Bentuk dan Perbaikan PTKIS.

Pada kesempatan itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Suyitno, menjelaskan bahwa upaya ini merupakan bentuk dari PTIKIS dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

“Jika masih ada PTKI yang tidak memperhatikan mutu, maka tunggulah saatnya untuk mati,” kata Suyitno dilansir dari laman resmi Kemenag dikutip Selasa (12/1/2021).

Ia menambahkan, perubahan ino harus dimaknai sebagai perluasan mandat (wider mandate). “Rumah sebelumnya terlalu sempit dan membutuhkan perluasan menjadi rumah besar yang akan memberikan kesempatan lebih luas dan besar,” katanya.

Ia pun mengingatkan pesan Menteri Agama yang ingin mewujudkan Kementerian Agama harus berwajah baru dalam arti semangat baru, yaitu salah satunya semangat mengembangkan pengarusutamaan moderasi beragama.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve − 4 =