Cancel Preloader

Tidak Hanya Untuk Salat, Inilah Keistimewaan Berwudhu

 Tidak Hanya Untuk Salat, Inilah Keistimewaan Berwudhu

Keutamaan Wudhu

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Bagi umat Islam, wudhu biasanya hanya dilakukan ketika hendak menjalankan ibadah salat. Otomatis dalam sehari kita bisa melakukan wudhu sebanyak lima kali sesuai dengan banyaknya salat wajib yang kita jalankan dalam sehari.

Belum lagi jika kita juga menjalankan ibadah salat sunah seperti salat dhuha dan tahajud. Maka wudhu kita pun semakin sering dilakukan.

Namun perlu diketahui bersama bahwa ketika kita berwudhu, maka ada banyak sekali keistimewaan yang bisa didapatkan. Bahkan hal ini tidak semua orang mengetahuinya. Sehingga, kita pun disarankan untuk sering-sering melakukan wudhu karena banyaknya kebaikan yang bisa kita peroleh tersebut.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.

Waktu yang Dianjurkan Untuk Berwudhu

Wudhu adalah bagian dari menyucikan diri. Apalagi jika kita hendak salat, maka kondisi tubuh haruslah suci. Sehingga saat kita menghadap Allah SWT, diri kita sudah benar-benar bersih dan ibadah kita bisa khusyuk. Dengan begitu, doa-doa yang dipanjatkan pun akan diterima oleh Allah SWT.

Selain sebelum menjalankan salat, lalu kapan saja kita dianjurkan untuk berwudhu?

Ada beberapa kondisi yang membuat kita harus segera mengambil air wudhu. Di antaranya setelah kita menyalami orang musyrik, setelah turut serta mengusung jenazah, untuk mengulangi persetubuhan, saat kita marah, serta setelah kita menyentuh orang yang menderita penyakit kusta.

Selain itu, kita harus berwudhu saat mengeluarkan darah, saat berhadas, dikarenakan muntah, sebelum mandi, sebelum makan dan sebelum tidur saat junub, saat ingin menyebut nama Allah SWT, saat akan pergi tidur, dan karena kita makan sesuatu yang sudah tersentuh dengan api.

Keistimewaan Berwudhu Menurut Islam

Inilah beberapa keistimewaan berwudhu menurut Islam yang perlu kita ketahui.

  1. Mampu Menghapus Keburukan

Di dunia ini tidaklah ada yang sempurna, begitu juga dengan manusia yang pasti memiliki noda-noda hitam. Dalam upaya menghapus keburukan di diri kita, maka wudhu bisa menjadi solusinya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani menyatakan bahwa:

Apabila seorang dari kalian berwudhu, lalu ia menyempurnakan wudhunya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan salat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.

  1. Didoakan Oleh Malaikat

Inilah keistimewaan dari berwudhu, yakni didoakan oleh malaikat. Sebelumnya kita ketahui bahwa waktu yang disarankan untuk berwudhu salah satunya adalah sebelum tidur. Di mana ketika sebelum tidur malam, lalu kita berwudhu, maka tidur kita akan dijaga serta didoakan oleh malaikat supaya dosa-dosa kita diampuni Allah SWT.

  1. Memperoleh Kebaikan Di Dunia dan Akhirat

Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Mu’adz bin Jabal, bahwasanya Rasulullah saw bersabda:

Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya”.

  1. Menghilangkan Kuman yang Menempel Di Tubuh

Keistimewaan berwudhu juga berdampak positif untuk kesehatan kita. Dengan wudhu, maka akan ampuh untuk menghilangkan kuman yang menempel di tubuh. Karena diketahui bahwa setiap waktu manusia pasti memiliki kontak langsung dengan suatu benda yang banyak terdapat kuman. Bisa juga dari udara yang membawa kuman tersebut ke tubuh kita.

Sehingga sangat disarankan untuk melakukan wudhu tidak hanya ketika hendak pergi salat saja. Tetapi di setiap waktu secara rutin. Semakin sering berwudhu, maka peluang terkena kuman pun semakin kecil.

  1. Ampuh Hilangkan Stres

Orang yang stres biasanya memiliki cara tersendiri untuk mengobatinya. Baik dengan cara berlibur maupun tidur. Namun, ada cara lain yang lebih simpel untuk menghilangkan stres adalah dengan berwudhu.

Seorang pakar neurologis mengatakan bahwa air wudhu yang mengenai syaraf di jari tangan serta kaki kita mampu untuk meningakatkan rileksasi di sel otak. Bahkan bisa kita rasakan saat membasuh wajah dengan air, maka akan terasa segar. Sehingga hal ini bisa menjadi solusi untuk hilangkan stres kita.

Semakin banyak kita mengetahui apa saja keistimewaan dari berwudhu, hal ini diharapkan mampu memotivasi setiap orang agar selalu menyempatkan berwudhu. Inilah upaya kita untuk menjaga diri agar selalu bersih dan pastinya selalu dalam lindungan Allah SWT.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × one =