Terungkap, Inilah Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat

 Terungkap, Inilah Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Terkait waktu yang sangat mustajab untuk berdoa di hari Jumat, Habib Salim bin Abdullah as-Syathiri ulama besar dari Yaman berkata :

“Pada hari jumat Allah SWT akan mengabulkan doa, namun para ulama berbeda pendapat tentang kapankah momen yang mustajab tersebut.” 

Rasulullah SAW sendiri pernah bersabda terkait waktu mustajab ini yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah :

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”  (HR. Bukhari dan Muslim)

Terdapat 40 pendapat ulama tentang kapankah waktu Allah SWT mengabulkan doa pada hari jumat dan pendapat-pendapat tersebut dikumpulkan oleh Imam Al-kurdi dalam kitab al-Khawasy al-Kubro.

Berikut diantara pendapat para ulama tentang kapankah momen mustajab untuk berdoa di hari Jumat :

  1. Sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari
  2. Mulai terbitnya matahari hingga masuknya waktu dhuhur
  3. Di Akhir Jumat (setelah shalat ashar hingga maghrib)

Waktu yang nomor tiga inilah disebut dengan waktu/momen Fathimiyah karena pada waktu ini (setelah shalat ashar hingga maghrib) Sayyidah Fatimah Az-Zahra berkhalawat dan fokus beribadah hingga maghrib tiba.

Mengenai momen/waktu Fathimiyah (setelah shalat ashar hingga maghrib) ini banyak kisah-kisah yang menjadi testimoni akan mustajabnya waktu tersebut untuk berdoa.

Namun pendapat yang paling kuat dari segi dalil tentang waktu yang paling mustajab untuk berdoa di hari jumat adalah mulai naiknya khatib ke mimbar hingga selesainya shalat jumat.

Wallahu ‘Alam

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 − 6 =