Tentukan Bulan Baru Zul Hijjah, Arab Saudi Ajak Masyarakat Pantau Hilal

 Tentukan Bulan Baru Zul Hijjah, Arab Saudi Ajak Masyarakat Pantau Hilal

Tentukan Bulan Baru Zul Hijjah, Arab Saudi Ajak Masyarakat Pantau Hilal

HIDAYATUNA.COM – Arab Saudi mengajak masyarakat turut memantau bulan untuk menentukan jatuhnya bulan Zul Hijjah tahun 1441 H yang juga akan menentukan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 di bulan itu.

Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta umat Islam di wilayah Kerajaan Arab Saudi untuk memantau bulan sabit Zul Hijjah, pada Senin (20/7/20) malam.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, dalam sebuah pernyataan, Mahkamah Agung mengatakan umat Islam perlu melihat bulan sabit secara langsung atau melalui teropong, melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka.

Idul Adha adalah satu dari dua hari raya utama dalam Islam yang dirayakan pada tanggal 10 Zul Hijjah, bulan terakhir dari kalender Islam (Hijriyah).

Hal tersebut memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya karena keimanan kepada Allah.

Umat muslim biasanya melaksanakan kurban, dengan mengorbankan hewan ternak dan membaginya menjadi tiga bagian: Keluarga mendapatkan sepertiga bagian; sepertiga lainnya diberikan kepada saudara, teman, dan tetangga; dan sepertiga sisanya diberikan kepada orang miskin dan yang membutuhkan.(AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 − 5 =