Temu Peneliti Nasional Tahun 2021 Digelar Kemenag

 Temu Peneliti Nasional Tahun 2021 Digelar Kemenag

Temu Peneliti

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Tangerang – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar acara Temu Peniliti Nasional tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Terkait kegiatan tersebut, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Achmad Gunaryo mengatakan bahwa lembaganya memiliki tanggung jawab untuk melakukan penelitian. Ia menjelaskan lembaga penelitian di Kemenag mempunyai tugas melaksanakan penelitian, dan pengembangan.

“Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI juga mempunyai peran. Mengembangkan pendidikan dan pelatihan di bidang keagamaan,” kata Achmad Gunaryo dalam siaran persnya yang diterima Hidayatuna, Jumat (11/6/2021).

Kegiatan Temu Peneliti Nasional Tahun 2021 digelar di Swiss-Belhotel, Jakarta, mulai tanggal 10-12 Juni 2021.

Dalam pertemuan antar peneliti tingkat nasional ini, Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI mengangkat tema khusus. Ialah “Masa Depan Riset Agama dan Keagamaan di bawah koordinasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)”.

Gunaryo menjelaskan bahwa Peneliti sebagai aset utama Badan Litbang Kementerian Agama. Memiliki peran penting dan strategis dalam mendukung pembuatan kebijakan pembangunan nasional.

Dia menambahkan, melalui hasil-hasil penelitian di Bidang Bimbingan Masyarakat Agama dan Layanan Keagamaaan, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Serta Bidang Lektur Khazanah dan Manajemen Organisasi, para peneliti bisa berperan sesuai fungsinya.

“Secara umum kegiatan ini diarahkan pada dua hal pokok. Yaitu sebagai wahana untuk peningkatan kompetensi dan evaluasi kinerja peneliti Kementerian Agama dalam menyongsong hadirnya lembaga BRIN,” ujarnya.

Adapun peserta Temu Peneliti Nasional ini diikuti lebih 300 orang dengan komposisi 100 orang luring dan 200 orang lainnya secara daring. Peserta terdiri dari peneliti Badan Litbang, yaitu Pusat dan Unit Pelaksana Teknis yang tersebar di tiga Balai Litbang, peserta kementerian/lembaga lain, serta panitia pelaksana.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − five =