Teladan Kebaikan Seorang Wazir Kepada Bawahannya

 Teladan Kebaikan Seorang Wazir Kepada Bawahannya

Teladan Kebaikan Seorang Wazir Kepada Bawahannya (duniasantri.co)

HIDAYATUNA.COM, Yogyakarta – Abu Al-Husain adalah juru tulis Muhallabi, wazir kekhalifahan Bani Abbasiyah. Pada suatu hari di bulan Oktober 926 M, Abu al-Husain jatuh dari balkon istana Muhallabi dan tewas seketika.

Muhallabi sangat berduka dengan kematiannya. Kemudian ia mengunjungi anak-anak almarhum dan menghibur mereka dengan cara yang teramat bijak.

Ia berkata kepada mereka,

“Kini akulah yang menjadi ayah kalian. Dalam diri almarhum, kalian hanya kehilangan dirinya bukan jiwanya.” Lalu ia menunjuk Abu Abdullah, putra sulung almarhum untuk menggantikan posisi ayahnya.

Ia berkata kepadanya,

“Aku juga memberi kedudukan kepada saudara kalian Hasan (Saat itu baru berumur sepuluh tahun) dengan gaji yang sesuai dan aku berharap ia akan menjadi sahabat anakku karena mereka sebaya. Keduanya bisa melanjutkan belajar dan tumbuh dewasa bersama-sama.”

Setelah berkata demikian ia menoleh kepada Abul Makarim, saudara ipar almarhum, dan berkata

“Tanggungan mendiang Abu Al-Husain sangat banyak dan aku tahu dia mempunyai kebiasaan memberi uang saku yang banyak kepada saudara-saudara perempuannya, anak- anak mereka dan kerabat lainnya. ”

“Kematiannyaa akan berarti kebinasaan bagi mereka. Pergilah menemui istri Abu Al-Husain, buatlah daftar orang-orang yang menjadi tanggungannya sesuai yang dikatakan istri almarhum. Ajukan daftar tersebut kepada bendaharaku. Dia yang akan membayar mereka secara berkala sejak saat ini.”

Jumlah uang yang tercantum dalam daftar mencapai. lebih dari tiga ribu dirham per bulan.

Orang yang menghadiri takziah keluarga almarhum meneteskan air mata menyaksikan kemurahan hati Muhallabi.

Seseorang dari mereka bahkan berkomentar,

“Jika saja kematian boleh diharapkan datangnya, kematian akan diharapkan oleh setiap orang yang memiliki banyak beban tanggungan pada masa wazir.” []

Muhammad Ahsan Rasyid

Muhammad Ahsan Rasyid, magister BSA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga aktif di berbagai organisasi dan kegiatan sukarelawan. Tinggal di Yogyakarta, dapat disapa melalui Email: rasyid.ahsan.ra@gmail.com.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *