Tangisan Abu Bakar RA untuk Rasulullah Saw

 Tangisan Abu Bakar RA untuk Rasulullah Saw

Abu Bakar RA (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Dikisahkan dalam berbagai riwayat, banyak sahabat yang menangis untuk Rasulullah Saw atas momen-momen tertentu. Salah satunya ialah Abu Bakar Ash-Shidiq RA yang menangis untuk Rasulullah Saw.

Abu Bakar Ash-Shidiq merupakan sahabat yang paling dikasihi Nabi. Diriwayatkan, ia menangis untuk Rasulullah saat momen perpisahan dengan Nabi Saw. Saat itu Nabi seakan mengucapkan kata-kata perpisahan kepada umat Islam.

Kejadian ini terekam dalam sebuah riwayat. Rasulullah Saw duduk di atas mimbar lalu bersabda:

إن عبدًا خيَّره اللهُ بين أن يُؤتِيَه من زهرة الدنيا ما شاء، وبين ما عنده، فاختار ما عنده

“Sesungguhnya ada seorang hamba yang Allah telah ditawarkan kepadanya untuk memilih antara dunia dan apa yang ada di sisi-Nya, lalu hamba tersebut memilih apa yang ada di sisi Allah.”

Maka tiba-tiba Abu Bakar menangis lalu berkata, “Kami tebus Anda dengan bapak-bapak dan ibu-ibu kami.” Kami menjadi heran kepadanya. Orang-orang berkata, “Perhatikanlah orangtua ini. Dan ternyata hamba yang diminta memilih itu adalah Rasulullah, Abu Bakar adalah orang yang paling memahami tentang beliau. Dan kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya manusia yang paling terpercaya di hadapanku dalam persahabatannya dan hartanya adalah Abu Bakar.

Dan seandainya aku boleh mengambil kekasih selain Rabbku, tentulah Abu Bakar orangnya. Akan tetapi yang ada adalah persaudaraan Islam. Sungguh tidak ada satu pun pintu di dalam masjid yang tersisa melainkan akan tertutup kecuali pintunya Abu Bakar.” (HR Bukhari)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − 2 =