Cancel Preloader

Sunah Rasul, Begini Tata Cara Makan yang Diajarkan Rasulullah

 Sunah Rasul, Begini Tata Cara Makan yang Diajarkan Rasulullah

Listrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Nabi Muhammad Saw adalah teladan bagi seluruh umat Islam, termasuk dalam aktivitas makan. Beliaulah yang menuntun umat Islam agar selalu menuju jalannya Allah SWT. Beliau jugalah yang mengajarkan umat Islam untuk melakukan segala sesuatu agar berdasar pada syariat Islam dan bisa kita lakukan secara baik dan benar.

Melalui hal itulah, kita sebagai umat Nabi Muhammad Saw sudah sepatutnya patuh akan ajaran beliau dengan cara menjalankan apa yang yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Termasuk dari hal yang paling sederhana adalah cara makan yang baik dan benar.

Dalam urusan makan sekali pun, Nabi Saw memberikan ajaran berupa tata cara makan yang baik sebagaimana apa yang dilakukan beliau selama hidupnya juga melakukan cara tersebut.

Lalu, bagaimanakah cara makan yang diajarkan oleh Rasulullah saw?

Mengawali Makan dengan Membaca Basmalah

Saat kita hendak makan, maka jangan tergesa-gesa memasukkan makanan ke mulut. Biasakanlah untuk mengucapkan basmalah terlebih dahulu. Hal ini pun tentunya dengan alasan agar tidak ada setan yang mengganggu dan bisa melemahkan iman serta ibadah kita.

Makanlah dengan Menggunakan Tangan Kanan

Tangan yang digunakan untuk makan pun haruslah dengan menggunakan tangan kanan. Selain karena mengikuti sunah Nabi saw, ternyata makan dengan menggunakan tangan kanan juga baik untuk kesehatan. Khsusunya dalam upaya melatih saraf sensorik di tangan kita.

Janganlah Makan Berlebihan dan Ambil Secukupnya Saja

Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Hal ini juga berlaku untuk makanan yang kita konsumsi. Rasulullah saw menganjurkan pada setiap umatnya agar makan secukupnya saja supaya tidak menunjukkan sikap kita yang boros.

Bahkan Rasulullah saw juga mengatakan bahwa perut kita terbagi menjadi tiga bagian. Di mana sepertiganya adalah udara, sepertiganya untuk makanan, dan sepertiganya lagi untuk minuman.

Makan dengan Menggunakan 3 Jari

Jika kita makan dengan menggunakan tangan, maka sunah Rasul saat makan adalah dengan menggunakan tiga jari pada tangan kanan. Kemudian masukkanlah ke mulut secara perlahan, lalu kunyah makanan dalam jumlah yang banyak, dan makanlah makanan yang paling dekat serta tidak memulai makan dari bagian tengah piring.

Saat Makan Haruslah Duduk

Ketika kita sedang makan maupun minum, maka tidak diperbolehkan sembari berdiri maupun sambil menyandar. Sebaiknya saat kita sedang makan dan minum adalah sambil duduk. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Muslim, Nabi saw bersabda:

Aku tidak makan sambil bersandar. Aku adalah seorang hamba, maka aku minum seperti minumnya hamba dan makan pun seperti makannya seorang hamba. Janganlah seorang di antara kalian minum sambil berdiri.

Janganlah Mencela Makanan

Terkadang kita harus menjumpai makanan yang tidak sesuai dengan kesukaan kita. Namun, apa pun makanan yang ada di hadapan kita meski itu tidak kita sukai, maka jangan sekali-kali mencelanya. Sebagaimana hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi saw bersabda:

Rasulullah saw tidak pernah mencela makanan. Jika ia suka dimakannya, jika tidak suka ditinggalkannya”.

Selesai Makan Bacalah Hamdalah

Apa pun jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya adalah rezeki yang sudah Allah SWT berikan. Kita sudah sepatutnya bersyukur kepada-Nya yang hingga saat ini masih diberikan nikmat untuk merasakan lezatnya makanan. Oleh karena itu, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, maka setelah selesai makan haruslah mengucapkan hamdalah.

Melalui beberapa tata cara makan yang diajarkan Nabi saw tersebut, mudah-mudahan bisa menjadi pedoman yang baik bagi kita. Selain itu, kita juga bisa istiqomah dalam menjalaninya.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty − 18 =