Sukses Selenggarakan Haji Tanpa Covid-19, Umrah Akan Kembali Dibuka?

 Sukses Selenggarakan Haji Tanpa Covid-19, Umrah Akan Kembali Dibuka?

Sukses Selenggarakan Haji Tanpa Covid-19, Umrah Akan Kembali Dibuka?

HIDAYATUNA.COM – Setelah berbulan-bulan Pemerintah Arab Saudi menutup layanan ibadah Umrah karena pembatasan akibat Covid-19, kini Pemerintah Arab Saudi berencana membuka kembali ibadah umrah.

Wacana tersebut muncul setelah keberhasilan pelaksanaan ibadah Haji terbatas beberapa waktu lalu dimana tidak satu pun jamaah haji yang terindikasi positif Covid-19 setelah mengikuti rangkaian peribadatan Haji.

Otoritas Arab Saudi terlebih dahulu akan mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2020.

Dilansir dari Al Arabiya Selasa (4/8/20), Wakil Sekretaris Kementerian Haji dan Umrah Hussein al-Sharif mengatakan pihaknya akan menjadikan prosedur kesehatan ibadah haji menjadi kompilasi peribadatan umrah tahun ini.

Setidaknya dimulai Februari 2020 lalu Arab Saudi mengambil kebijakan untuk menghentikan visa umrahdan memberlakukan larangan masuk untuk pengunjung dari negara lain sebagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kemudian pada 4 Maret, Kerajaan Arab Saudi resmi menghentikan ibadah umrah, termasuk bagi warganya sendiri.

Kepala Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdulrahman bin Abdulaziz al-Sudais pada hari Minggu kemarin mengumumkan keberhasilan musim haji tahun ini.

Pada penyelenggaraan haji tahun ini, kata dia, pihak berwenang fokus melindungi para jemaah dan memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat agar terhindari dari penularan Covid-19.

Kementerian Kesehatan Saudi menyatakan tidak ada satu pun jemaah yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Pasukan keamanan juga memastikan tidak ada seorang pun yang bisa memasuki situs-situs suci di Mekah dan Madinah tanpa izin resmi selama periode haji.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − ten =