Cancel Preloader

Sudahkah Miliki Quality Time dengan Anak?

 Sudahkah Miliki Quality Time dengan Anak?

Rasulullah Miliki Kedekatan dengan Cucu-cucunya? Inilah Potretnya

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Orangtua memanglah memiliki Kewajiban untuk review Mencari nafkah demi memenuhi Kebutuhan keluarganya, terutama jika sudah memiliki anak. Namun tidak ada orangtua yang sudah terlalu sibuk dengan pekerjaannya hingga lupa bahwa ia harus menyisihkan waktu untuk menemani anak mereka.

Orangtua ingin memiliki momen khusus bersama anak-anaknya. Tetapi, pekerjaan sudah menyita banyak waktu serta tenaga. Alhasil, setelah pulang bekerja langsung pergi istirahat dan tidak sempat untuk berbincang dengan anak.

Di sisi lain, tidak semua anak bisa memahami kondisi orang tuanya yang sibuk. Mereka merasa kesepian dan haus akan kasih sayang.

Meskipun di rumah sang anak sudah disediakan pengasuh sekali pun. Tetap saja, kasih sayang orang tua lebih istimewa dibanding siapa pun.

Kasih sayang anak dengan anak yang bisa kita lihat melalui kisah Nabi Muhammad saw yang selalu memberikan kasih sayang dan perhatian terbaik untuk anak dan cucunya. Sebagaimana dalam hadis riwayat Muslim:

“Rasulullah menjemput kami (Jafar dan Hasan atau Husein) ketika pulang. Kemudian beliau menggendong salah satu dari kami di punggung sedang yang lain beliau bopong di dada sampai kami memasuki Madinah.”

Lalu, kenapa orang tua perlu memiliki waktu berkualitas dengan anak?

Anak Butuh Tempat Bercerita

Setelah melalui hari-harinya sekolah dan mengalami berbagai kejadian, apakah itu menyenangkan atau menyebalkan, anak pasti ingin meluapkan rasa senangnya atau emosinya pada orang lain. Dan orang tersebut adalah ayah atau ibunya.

Hal ini bisa dilakukan saat anak menjelang tidur malam. Orangtua bisa datang ke kamar anak dan menemaninya sambil mendengarkan cerita anak.

Di momen ini, orangtua bisa sembari memberikan penjelasan dengan bahasa yang sesuai dengan usia anak. Meskipun tidak banyak waktu yang digunakan, namun hal ini cukup ampuh membuat anak untuk jadi lebih dekat dengan orang tuanya.

Terjaganya Komunikasi Antara Orangtua dan Anak

Dalam hubungan keluarga, menjaga komunikasi antara anak dan orangtua sangatlah penting. Jangan sampai karena orangtua terlalu sibuk, hingga membuat anak merasa segan untuk berbicara dengan orangtuanya.

Mengingat masa anak-anak adalah masa di mana ia ingin mengetahui banyak hal dan perlu mendapat pengertian secara baik. Jika orangtua sampai tidak menyisihkan waktu untuk berkomunikasi pada anak, maka anak pun akan mencari tahu sendiri.

Inilah yang dikhawatirkan, anak belum bisa memfilter setiap informasi yang didapat. Jika salah menyerap informasi, maka akan sangat berbahaya.

Bisa Mengenal Anak Lebih Baik

Setiap anak pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Orangtua sudah seharusnya bisa mengenal anak lebih baik dibanding dengan orang lain.

Agar bisa mengenal anak, maka penting untuk memiliki quality time yang diisi dengan berbagai aktivitas di mana saja. Bisa dengan bercerita dan bermain di rumah dan mengajak anak pergi liburan maupun belanja bersama.

Di momen anak, anak dapat memahami bagaimana karakter anaknya. Sehingga orangtua bisa menyusun strategi dalam mendidik anaknya secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak.

Anak yang berkembang ke dunia ini tentu haruslah dipenuhi hak-haknya. Salah satunya adalah hak untuk mendapatkan kasih sayang.

Oleh karena itu, meskipun orangtua memiliki kesibukan, namun tetaplah harus menyisihkan waktu untuk anak-anaknya. Dengan begitu, anak pun tidak akan haus akan perhatian dan kasih sayang.

Anak juga tidak akan menyimpan bebannya sendirian. Tetapi ada orangtua yang siap mendengarkan keluh kesuh anak dan selalu masukan sesuai usia sang anak.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + seven =