Subhanallah, Benang Laba-Laba Ternyata Lebih Kuat Dari Baja

 Subhanallah, Benang Laba-Laba Ternyata Lebih Kuat Dari Baja

Subhanallah, Benang Laba-Laba Ternyata Lebih Kuat Dari Baja

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Salah satu jenis serangga yang diabadikan dalam al-Qur’an adalah laba-laba. Tahukah kalian bahwa jika ternyata jaring atau benang laba-laba ternyata lebih kuat dibanding baja, jika keduanya memiliki berat dan ukuran yang sama.

Sejumlah penelitian telah dilakukan oleh pakar ilmu sains. Mereka menemukan fakta mengejutkan bahwa benang laba-laba lebih kuat dari pada baja. Itulah kenapa serangga jenis ini memiliki kedudukan istimewa, dimana namanya disebut di dalam al-Qur’an.

Dr Zakir Naik penulis buku buku ‘Alquran Versus Sains Modern’ mengungkapkan bahwa jaring laba-laba banyak dijadikan sumber inspirasi ilmuan di dunia sains. Hal ini dikarenakan jaring laba-laba mempunyai bentuk struktur sangat mengagumkan.

Seperti kita ketahui bahwa jaring-jaring laba tersusun dengan sangat rapi dan terorganisasi. Ia memiliki ketahanan terhadap air, dan mempunyai kekuatan lima kali lebih besar dari pada baja. Selain itu, benang laba-laba juga dua kali lebih lentur dibandingkan serat nilon.

Subhanallah, sungguh Allah SWT menunjukkan kebesarannya. Saking kuatnya benang laba-laba, ia hanya bisa dikalahkan oleh kuarsa meleleh.

Dilansir dari Okezone, para ilmuwan menyebut kekuatan yang dimiliki pada benang laba-laba disebut sebagai baja biologis atau biobaja. Ini menyusul karena kuatnya serat pada jaring laba-laba itu sendiri.

Pada perkembangannya, para ilmuan memanfaatkan benang laba-laba ini untuk berbagai kebutuhan industri. Mulai untuk bahan tekstil tahan peluru, bodi mobil, penguat material komposit hingga peralatan elektronik dan bahan pesawat terbang.

Sungguh menakjudkan bukan? Adapun keistimewaan laba-laba yang diabadikan dalam al-Qur’an, salah satunya terdapat pada surah Al Ankabut Ayat 4 yang artinya:

“Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.” (QS Al-Ankabut: 41)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 5 =