Stadion Liga Premier Irlandia Akan Jadi Tempat Perayaan Idul Adha Bagi Umat Islam

 Stadion Liga Premier Irlandia Akan Jadi Tempat Perayaan Idul Adha Bagi Umat Islam

Stadion Liga Premier Irlandia Akan Jadi Tempat Perayaan Idul Adha Bagi Umat Islam

HIDAYATUNA.COM – Jelang perayaan Idul Adha 1441H sebuah stadion Liga Premier Irlandia (Ireland’s GAA Stadium) mengumumkan bahwa pihaknya akan menjadi tuan rumah atau menyediakan tempat untuk perayaan Idul Adha bagi umat Muslim.

Sebelumnya, pandemi Covid-19 yang mendunia termasuk di Irlandia membuat pemerintah berwenang negara tersebut menutup berbagai sektor dan juga fasilitas publik termasuk tempat ibadah.

Dilansir dari The Irish Post, Masjid, gereja dan tempat ibadah lainnya di Irlandia, ditutup pada 12 Maret 2020 sejalan dengan upaya Pemerintah untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Beberapa waktu lalu sebagaimana umat beragam di negara-negara lain umat beragama di Irlandia melewatkan berbagai perayaan hari besar agama di rumah masing-masing,

Umat Katolik terpaksa merayakan Paskah di rumah dengan keluarga dekat mereka, demikian pula umat Muslim yang merayakan Ramadhan. dan Idul Fitri di rumah masing-masing.

Meski kini pemerintah Irlandia telah membuka kembali ribuan bisnis dan tempat-tempat ibadah akan tetapi hal tersebut dibawah protokol ketat dengan pembatasan jumlah jamaah.

Untuk itu stadion Liga Premier Irlandia, Croke Park mengumumkan bahwa pihaknya akan menjadi tempat perayaan Idul Adha bagi umat Muslim.

Presiden GAA John Horan, mengatakan bahwa pihak mereka senang bisa menjadi tuan rumah perayaan tersebut, juga dikenal sebagai ‘Hari Raya Kurban’.

“Biasanya Croke Park dan stadion kami yang lain akan menjadi sarang aktivitas pada tahun ini dengan penyelenggaraan pertandingan, tetapi kami menjalani tahun yang sangat berbeda,” kata Horan, dikutip hidayatuna.com, Rabu (15/7/20).

“Kami sangat senang menyambut umat Muslim ke Croke Park untuk menandai Idul Adha, peringatan penting dalam kalender Muslim.”

Ketua Dewan Perdamaian dan Integrasi Muslim Irlandia (IMPIC), Syekh Dr Umar Al-Qadri, mengatakan:

“Banyak orang yang tinggal di Irlandia yang merupakan anggota dari agama Islam menyebut Irlandia sebagai rumah.”

“Pilihan Croke Park sebagai tempat perayaan Idul Adha akan menjadi simbol bagi Muslim Irlandia dalam ‘identitas ganda’ sebagai Irlandia dan Muslim dan pentingnya Croke Park dan GAA dalam sejarah Irlandia,” tambahnya

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × two =