Cancel Preloader

Soleimani Disebut Sebagai Martir Bagi Dunia Islam

 Soleimani Disebut Sebagai Martir Bagi Dunia Islam
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Jelang peringatan 1 tahun terbunuhnya Letnan Iran Qasem Soleimani oleh tentara Amerika Serikat (AS). Wakil Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon, Sheikh Naim Qassem menyebut bahwa sosok Soleimani adalah martir bagi dunia Islam.

“Jenderal Soleimani adalah seorang komandan terlatih yang merencanakan dan berhasil melakukan operasi melawan terorisme.” Begitu diungkap Naim dari laporan IRNA, Rabu (30/12/2020).

Selain itu lanjut Naim, Soleimani adalah seorang politisi yang sangat paham dengan persamaan internasional, regional dan lokal. Sebab itu, pembunuhan terhadap Soleimani oleh pasukan AS pada 3 Januari 2019 lalu semakin membangkitkan perlawanan dunia Islam.

Sebagaimana diketahui, Jendral Soleimani tewas, setelah mobil yang ia tumpangi ditembak pesawat nirawak AS. Perintah pembunuhan ini datang langsung dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Alasan AS melakukan pembunuhan terhadap Jendral Soleimani karena dinilai membahayakan AS. PBB sendiri menyebut pembunuhan Jendral Soleimani yang dilakukan AS adalah tindakan yang melanggar HAM dan tidak dibenarkan oleh hukum internasional.

Namun hal itu dibantah oleh AS melalui Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo. Secara tegas pihaknya mengaku menolak laporan PBB tentang pembunuhan yang ditargetkan melalui pesawat tak berawak. Hal tersebut terjadi dalam kasus jenderal Iran Qassem Soleimani.

“Amerika Serikat transparan mengenai dasar hukum internasional untuk serangan dan akan selalu bertindak untuk melindungi Amerika,” ujar Pompeo.

Sebaliknya, AS secara tegas menyebut pembunuhan terhadap Jendral Solemani diklaim sebagai bentuk pelaksanaan hak inheren pertahanan diri AS.

“Sebab hal itu guna mencegah Iran mengambil tindakan permusuhan lebih lanjut terhadap pasukan dan kepentingan Amerika Serikat di Timur Tengah.” Demikian diungkapkan Pompeo.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen − nine =