Soal Penyelenggaraan Shalat Idul Adha, Berikut Keterangan Humas Istiqlal

 Soal Penyelenggaraan Shalat Idul Adha, Berikut Keterangan Humas Istiqlal

Soal Penyelenggaraan Shalat Idula Adha, Berikut Keterangan Humas Istiqlal

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Setelah pada hari raya Idul Fitri beberapa lalu tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri dikarenakan pandemi Covid-19, Masjid Istiqlal Jakarta hingga kini belum memutuskan terkait akan digelar atau tidaknya shalat hari raya Idul Adha tahun ini.

Hal tersebut dikarenakan saat ini masjid terpesar di Asia Tenggara tersebut masih dalam tahap renovasi.

“Jadi masih menunggu, fasilitasnya belum jadi semua, parkir juga belum, sudah hampir jadi tapi penjaganya belum disiapkan. Sementara serah terima Juli akhir, atau mungkin dibarengkan Idul Adha mungkin. Tapi kalau fasilitasnya belum ada terus Idul Adha jamaah campur aduk kasihan, taman-taman juga nanti rusak. Butuh tenaga tambahan juga,” kata Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, dalam keterangannya, Kamis (25/6/20)

Meski demikian Abu Hurairah juga mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan opsi untuk kemungkinan penyelenggaraan shalat Idul Adha meski masjid masih direnovasi.

Menjelaskan mengenai progres dari renovasi tersebut, menurut Abu hingga saat ini ruangan yang dapat digunakan untuk shalat hanya ruang utama sementara ruangan tersebut masih juga dalam tahap penyelesaian seperti pemasangan lampu dan saklar di sekitar area itu.

Sementara ruangan lain dari Istiqlal seperti perkantoran dan tempat wudhu masih belum selesai direnovasi.

“Kalau untuk lantai utama itu insya Allah bisa lah. Cuma kan di bawah orang mau wudhu, kamar mandi sepenuhnya belum jadi. Airnya masih bau, percuma juga kita buka nanti jamaah juga marah marah, gimana sih katanya habis renovasi. Itu yang kami hindari. Jadi kami tak mau tergesa gesa dalam hal ini,” kata Abu.

Menurut Abu, hingga saat ini belum ada kepastian terkait digelar atau tidaknya salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Namun pihaknya tetap menyiapkan sarana dan prasarana pelaksanaan shalat Idul Adha jika nantinya diputuskan bahwa Istiqlal menggelar shalat hari raya tersebut. (AS/Hidayatuna)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − 5 =