SMP di Gresik Prioritaskan Hafiz Alquran Masuk Tanpa Tes

 SMP di Gresik Prioritaskan Hafiz Alquran Masuk Tanpa Tes

Membangun Peradaban Islam (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam program penerimaan baru siswa di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gresik membuat kebijakan unik. Di mana dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di seluruh sekolah SMP di Gresik, memprioritaskan para hafiz Alquran.

Setiap calon siswa baru yang mampu menghafalan Alquran bisa secara otomatis masuk sekolah yang diinginkannya tanpa melalui seleksi lewat tes. Hal itu disampaikan oleh Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Gresik, Nur Maslichah pada Jumat (28/5).

Ia menjelaskan bahwa jalur tahfiz bisa masuk sekolah dengan bebas seleksi. “Pengujinya nanti dari MUI Gresik. Jadi nanti dites hafalannya kemudian diberi penilaian. Jika lulus uji petik, mereka bisa bebas memilih sekolah,” kata Maslichah dilansir dari Republika, Sabtu (29/5/2021).

Lebih lanjut, saat ini untuk jalur hafiz Alquran, baru terdapat 28 siswa. Itu artinya, masih banyak peluang bagi calon siswa baru penghafal Alquran untuk bisa mengikutinya.

Jalur PPDB

Maslichah mengatakan secara umum PPDB 2021 akan dibuka 31 Mei 2021. Di mana ada empat jalur yang dibuka dengan rincian dua tahapan.

Tahap pertama, jalur afirmasi dengan kuota 15 persen, kemudian jalur perpindahan lima persen dan jalur prestasi 30 persen. Pendaftaran dibuka selama 11 hari sejak 31 Mei hingga 9 Juni 2021.

Berikutnya ada tahap kedua. Dimana pada tahap ini akan digunakan untuk jalur zonasi dengan kuota 50 persen. Adapun pendaftaran dimulai 31 Mei sampai 17 Juni 2021.

“Jalur ini dibuka lebih lama mengantisipasi siswa yang tidak diterima pada jalur sebelumnya,” sambungnya.

Untuk jalur zonasi Tahun 2021, lanjut Maslichah disebut berbeda dengan tahun sebelumnya. Letak perbedaannya yaitu tidak lagi menggunakan surat domilisi, melainkan cukup sesuai dengan KK.

“Kecuali, bagi siswa yang terkena bencana alam atau sosial, namun harus minta surat keterangan BPBD,” jelasnya.

Sementara itu, untuk verifikasi piagam prestasi pada seleksi PPDB jenjang SMP 2021 telah ditutup, dan tercatat 169 dinyatakan lolos verifikasi dan 41 lainnya tidak lolos.

Dia menegaskan, lolos verifikasi piagam prestasi belum bisa digunakan sebagai acuan bakal diterima di sekolah impian melalui jalur prestasi, sebab masih menggunakan beberapa penilaian.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen + fourteen =