Situs Masjid Periode Awal Ditemukan di Tiberias

 Situs Masjid Periode Awal Ditemukan di Tiberias

Masjid Muslim atasi peningkatan populasi Muslim dunia (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Selama melakukan penggalian di kota utara Tiberias Palestina, arkeolog Israel menemukan situs bersejarah berupa masjid peninggalan Islam periode paling awal. Diperkirakan usia situs masjid itu segenarasi dengan setelah Nabi Muhammad wafat.

Tim arkeolog Universitas Ibrani Yerusalem menjelaskan bahwa temuan berupa pondasi masjid ini setelah penggalian dilakukan di selatan Laut Galilea. Dengan penemuan ini, bisa jadi situs tersebut merupakan salah satu masjid paling awal.

Pemimpin penggalian dan juga seorang spesialis arkeologi Islam di Universitas Ibrani, Katia Cytryn-Silverman mengatakan temuan ini akan menjadi kajian menarik. Terutama bagi para arkeolog arkeolog muslim nantinya.

“Kami tahu tentang banyak masjid awal yang didirikan tepat pada awal periode Islam,” ujar Katia Cytryn-Silverman. Dilansir dari Sindonews, Jumat (29/1/2021).

Ia menambahkan bahwa salah satu masjid periode awal yang saat ini masih berdiri kokoh dan terjaga adalah Masjid Nabawi di Madinah. Ada pula Masjid Agung Damaskus, dan masjid al-Aqsa Yerusalem.

Tidak hanya masih utuh bangunannya, masjid masjid tersebut hingga kini juga masih aktif digunakan untuk beraktifitas ibadah.

Terkait temuan situs masjid bersejarah, Cytryn-Silverman mengatakan penggalian masjid di Tiberias memberikan kesempatan langka bagi kita semua. Khususnya para arkeolog dalam mempelajari arsitektur masjid pada masa masa awal berkembang.

Di mana di dapati toleransi yang kuat dalam gaya arsitektur pada bangunan tersebut. “Temuan tersebut menunjukkan toleransi terhadap agama lain oleh para pemimpin Islam periode awal,” jelasnya.

Ketika masjid dibangun sekitar 670 Masehi, Tiberias telah menjadi kota yang diperintah kaum muslim selama beberapa dekade. Dinamai setelah kaisar kedua Roma sekitar tahun 20 Masehi, kota ini adalah pusat utama kehidupan dan beasiswa Yahudi selama hampir lima abad.

Sebelum penaklukannya oleh tentara muslim pada tahun 635, kota Byzantium adalah rumah bagi salah satu konstelasi situs suci Kristen. Inilah yang menghiasi garis pantai Laut Galilea.

Di bawah pemerintahan muslim, Tiberias menjadi ibu kota provinsi di kerajaan Islam awal dan berkembang menjadi terkenal.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 5 =