Siswa Muslim Taiwan Kembangkan Aplikasi untuk Mendeteksi Muslim Berjemaah

 Siswa Muslim Taiwan Kembangkan Aplikasi untuk Mendeteksi Muslim Berjemaah

Aplikasi Alquran di Ponsel (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Sebuah temuan baru untuk menemukan kegiatan salat berjemaah bagi umat Islam ditemukan oleh seorang siswa muslim asal Taiwan baru-baru ini. Di mana seorang siswa Muslim asal Taiwan telah meluncurkan aplikasi seluler baru untuk membantu Muslim dalam menemukan lokasi salat berjemaah.

Pengembang aplikasi ini, yakni Cheng Ping menjelaskan pengembangan aplikasi ini dilakukan untuk membantu menyatukan umat muslim. Untuk itu ia memberikan nama aplikasi tersebut dengan sebutan Wahdapp.

“Wahda dalam bahasa Arab yang berarti persatuan, kebersamaan, dan gagasan serupa. Saya berharap aplikasi ini membantu menyatukan Muslim,” ujar Cheng Ping dilansir dari About Islam, Rabu (3/3/2021).

Pria yang kini sedang menempuh pendidikan di Universitas Bilkent, Turki itu mengungkapkan pengguna Wahdapp bisa mengetahui apakah ada Muslim lain di sekitarnya atau tidak dengan cukup membuka aplikasi tersebut.

Selain itu umat muslim yang menggunakan aplikasi ini juga bisa mengirimkan undangan untuk mengadakan doa bersama, kajian bersama dan lain lain. Cheng menambahkan aplikasinya juga bisa membantu pengguna untuk menemukan tempat ibadah terdekat untuk salat lima waktu.

Meski aplikasi ini bukanlah terobosan baru, namun ia mengatakan ada sejumlah fitur yang ia kembangkan. Guna menarik pengguna di negara non-Muslim, ia pun mengembangkan aplikasinya ini dengan menyediakan dalam beberapa bahasa.

“Ini secara khusus penting bagi Muslim yang tinggal di negara-negara non-Muslim karena mereka mungkin tidak dapat mendengar azan dari masjid,” jelasnya.

Sebelumnya aplikasi yang nyaris serupa juga telah diluncurkan, yakni ImamConnect. Di mana aplikasi virtual itu diperkenalkan untuk memberikan pembinaan spiritual, konseling, khutbah, dan fatwa kepada umat Islam.

Aplikasi lain, FajrUp, juga secara otomatis mengatur waktu salat Subuh dengan menggunakan GPS. Ini adalah aplikasi pintar di mana Muslim di seluruh dunia dapat terhubung; hanya yang mereka butuhkan hanyalah menginstal aplikasi.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × two =