Sidang Isbat Idul Adha 1442 H Digelar 10 Juli

 Sidang Isbat Idul Adha 1442 H Digelar 10 Juli

Sidang Isbat Idul Adha 1442 H (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam beberapa Minggu ke depan, umat Islam seluruh dunia akan menyambut, hari raya kurban atau Idul Adha 1442 Hijriah. Untuk itu sidang Isbat dalam menentukan Idul Adha 2020 akan dilakukan oleh pemerintah.

Melalui Kementerian Agama (Kemenag) nantinya sidang Isbat akan digelar. Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengaku sidang Isbat digelar untuk menentukan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Adapun pelaksanaan sidang Isbat, lanjut dia, akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 10 Juli 2021 mendatang. Ia menjelaskan bahwa jadwal tersebut sudah fix.

“Sidang Isbat akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 10 Juli 2021/29 Zulkaidah 1442 H. Ya fix,” kata Kamaruddin Amin dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (30/2/2021).

Kamaruddin mengatakan, sidang Isbat nantinya akan digelar secara terbatas akibat pandemi Covid-19. Para undangan yang hadir secara langsung wajib memenuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Ya, terbatas. Kami akan rapat internal tanggal 5 Juli,” ucapnya.

Kamaruddin menjelaskan sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1442 H akan terbagi dalam beberapa tahap. Sesi pertama akan dimulai dari pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1442 H oleh tim Falakiyah Kemenag.

Kemenag biasanya akan menentukan titik-titik pengamatan hilal di seluruh Provinsi di Indonesia jelang sidang Isbat. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan sidang isbat yang digelar secara internal oleh Menag dan beberapa undangan yang hadir.

“Prosesnya sama seperti sebelumnya,” jelasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × 3 =