Shalat Jumat di Hagia Sophia, Muslim Turki Tak Sabar Menunggu Besok

 Shalat Jumat di Hagia Sophia, Muslim Turki Tak Sabar Menunggu Besok

Shalat Jumat di Hagia Sophia, Muslim Turki Tak Sabar Menunggu Besok


HIDAYATUNA.COM, Istanbul – Umat Islam di negara Turki akan menggelar shalat Jumat besok 24 Juli 2020 di Hagia Sophia untuk pertama kali dalam sejarah setelah dicabut statusnya sebagai museum. Hal ini membuat muslim di sana merasa tak sabar menunggu besok.

Hal ini diungkapkan oleh Kantor Berita Nasional Mengurus Kepentingan Nasional, Millî Medya dalam unggahannya di akun Twitter resminya @milli_medya sebagai dikutip Hidayatuna.com, Kamis (23/7/2020).

Dalam postingannya berbahasa Turki, ia menjelaskan berbagai persiapan Hagia Sophia untuk digunakan shalat Jumat berjamaah besok telah dilakukan. Mulai dari membersihkan karpet dan sejumlah persiapan lainnya.

“Persiapan dilanjutkan di Masjid Hagia Sophia. Masjid Hagia Sophia, yang diserahkan kepada Kepresidenan Urusan Agama dengan keputusan presiden, sedang bersiap untuk hari Jumat ketika akan dibuka untuk ibadah,” tulis Millî Medya.

Ia melanjutkan bahwa untuk lantai karpet masjid beberapa waktu lalu sudah selesai diproduksi. Sehingga kegiatan shalat Jumat di sebuah bangunan bersejarah dan terkenal di Kota Istanbul ini sudah siap dilakukan.

“Lantai karpet pirus yang diproduksi di Manisa selesai,” sambungnya.

Sementara itu, antusiasme tinggi ditunjukkan oleh muslim Turki lainnya melalui media sosial. Mereka mengaku sudah tak sabar menunggu hari Jumat besok untuk melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Hagia Sophia.

Sebagai informasi, setelah puluhan tahun dijadikan museum oleh Mustafa Kemal Atatürk, akhirnya pengadilan negeri urusan Agama Turki mencabut keputusan Atatürk yang dianggap illegal. Selanjutnya Hagia Sophia dikembalikan lagi fungsinya sebagai masjid.

Pada hari Jumat besok 24 Juli 2020 akan menjadi momentum bersejarah umat Islam di Turki. Dimana pelaksanaan shalat Jumat perdana dilakukan di Hagia Sophia.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve − seven =