Seri Drama Ertugrul Disebut Sebagai ‘Game of Thrones’ versi Islam

 Seri Drama Ertugrul Disebut Sebagai ‘Game of Thrones’ versi Islam


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Publik Pakistan baru-baru ini tengah keranjingan sebuah seri drama TV Turki bergenre sejarah dengan judul Dirilis Ertugrul (Kebangkitan Kembali Ertugrul). Bahkan seri drama sejarah Turki ini disebut-sebut sebagai ‘Game of Thrones’ versi Islam.

Sejak seri pertama drama televisi ini ditayangkan di Pakistan pada April lalu, mulai dari warga biasa, politisi, selebritas, hingga pengamat ramai memperbincangkan tayangan yang sangat populer tersebut.

Dilansir dari BBC Indonesia, seri ini berkisah tentang pemimpin Muslim Turki di abad ke-13, Ertugrul, yang anaknya, Osman Ghazi, dianggap sebagai pendiri Kekhalifahan Utsmaniyah.

Dirilis Ertugrul menggambarkan keberanian seorang Muslim Turki saat bertempur melawan pasukan Mongol, tentara Kristen, tentara Bizantium dan pada Ksatria Templar di Semenanjung Anatolia.

Karena merekam sejarah penaklukan demi penaklukan terhadap bangsa lain, tak sedikit yang menyebut drama genre sejarah ini dianggao sebagai ‘Game of Thrones’ versi Islam.

Ada yang mengatakan kehadiran Dirilis Ertugrul mengancam budaya Pakistan, namun ada pula yang menganggap drama ini membangkitan kecintaan masyarakat terhadap para pahlawan Islam.

Salah satu mengapa drama seri Turki ini booming di Pakistan, sebab Perdana Menteri Imran Khan juga turut mempromosikan film tersebut.

Ia secara khusus meminta televisi pemerintah, PTV, menyiarkannya dan mengajak masyarakat beramai-ramai menonton drama ini. Alasannya, menurut PM Khan, drama ini bisa membantu masyarakat di Pakistan “memahami peradaban Islam”.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × one =