Kabar Nasional

Muhammadiyah Diminta Teladani Konsep Bisnis Rasulullah

HIDAYATUNA.COM, Bantul – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Ekonomi, Kewirausahaan dan UMKM, Dr Anwar Abbas, mengingatkan tiga kunci sukses orang terkaya dunia Bill Gates yaitu kepercayaan, inovasi, dan jaringan.

Hal tersebut disampaikan Anwar saat menjadi salah satu pembicara kunci dalam Seminar Nasional Pra-Muktamar Muhammadiyah digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bertajuk “Kemandirian Ekonomi Berbasis Filantropi: Ekosistem Filantropi dan Arsitektur Ekonomi Muhammadiyah”.

Setelah didalami, Anwar menilai tiga kunci sukses itu tidak lain merupakan sifat dari Nabi Muhammad SAW. Oleh Karena itu, dia meyakini, siapapun dia ketika mampu mengikuti sifat-sifat Rasulullah SAW orang itu pasti sukses. 

“Jadi, seandainya ada umat Islam yang tidak sukses, itu tandanya kemampuan dirinya mengidentifikasi sifat-sifat Nabi Muhammad SAW masih kurang,” kata Anwar di Gedung AR Fachruddin Kampus Terpadu UMY, Sabtu (15/2).

Sekadar informasi, seminar juga menghadirkan pembicara kunci lainnya yakni Rektor UMY, Dr Gunawan Budiyanto. Pembicaranya merupakan pakar-pakar ekonomi yang memperdalam khasanah pengembangan filantropi.  

Sesi pertama diisi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Prof Bambang Sudibyo, Ketua Pokja Industri Pedesaan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Dr Aries Muftie dan Dosen Ekonomi UMY, Dr Lilies Setiartiti.

Sedangkan, sesi kedua diisi Direktur Utama Lazismu, Prof Hilman Latief, Direktur Puska Rumah Zakat, Prof Dian Masyita dan Pengamat Zakat UIN Syarif Hidayatullah, Prof Amelia Fauzi.  (AS/Hidayatuna.com)

Baca Juga :  PBNU Himbau Masyarakat Tarawih di Rumah Saja
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close