Seniman Perempuan Gaza, Sang Pelestari Alquran Warisan Palestina

 Seniman Perempuan Gaza, Sang Pelestari Alquran Warisan Palestina

Spirit Nuzulul Qur’an: Al-Qur’an Ajarkan Nilai-Nilai Persatuan dan Kerukunan (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Teheran – Puluhan perempuan Palestina yang tinggal di Jalur Gaza dalam sebuah workshop mempersiapkan sampul Alquran. Mengutip IQNA, Alquran itu disulam dengan desain dari warisan Palestina dan mengekspornya ke dunia bersama dengan Mushaf Masjid Al-Aqsa.

Asosiasi Raedat al-Mustaqbal (Perintis Masa Depan), yang berbasis di provinsi Khan Yunis di Jalur Gaza selatan. Terdiri dari tim yang terdiri dari lebih dari 40 perempuan Palestina yang mengerjakan bordir pada kerajinan tangan dengan desain warisan Palestina. Di satu sisi, ini adalah sumber mata pencaharian mereka dalam kondisi ekonomi sulit yang dihadapi Jalur Gaza.

Hana al-Batla, Ketua Asosiasi.nit mengungkapkan, bahwa kerajinan dan bordir ini berdiri pada 2009-2010. Dimulai dari sebuah ruangan kecil, yang setelah 12 tahun menjadi pameran permanen yang disebut sebagai pelopor bordir dan seni masa depan.

Hana menekankan bahwa warisan seni Palestina adalah warisan asli. Dirinya bersama asosiasinya akan meneruskannya seperti yang diwarisi dari ayah dan kakeknya dengan cara yang sesuai untuk saat ini.

Ia menambahkan, perlunya untuk melestarikannya dan pentingnya mewariskannya ke generasi-generasi mendatang. Dengan mengisyaratkan bahwa tujuan pertama dari Asosiasi Warisan Palestina.

“Masalah terbesar yang dihadapi adalah masalah pengiriman tepat waktu produk ke luar negeri. Karena pengepungan Jalur Gaza oleh rezim Zionis dan penutupan sebagian besar jalur Gaza dan kesulitan bepergian ke luar Gaza. Seringkali menjadi penghalang untuk pengiriman pesanan yang tepat waktu kepada pemiliknya,”kata al-Batla tentang masalah dan tantangan yang dihadapi asosiasi.

 

Sumber : https://iqna.ir/id/news/3476379/seniman-perempuan-gaza-penghidup-ekspor-alquran

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *