Cancel Preloader

Selama Puasa, Seluruh Muslim Bisa Kunjungi Makkah Madinah Via Virtual

 Selama Puasa, Seluruh Muslim Bisa Kunjungi Makkah Madinah Via Virtual

Muslim Kunjungi Makkah Madinah Virtual (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Saat Muslim dunia bersiap untuk menyambul bulan suci Ramadhan, sebuah aplikasi baru diluncurkan. Aplikasi ini memungkinkan jutaan Muslim untuk dengan mudah menavigasi dua masjid suci di Makkah dan Madinah.

Aplikasi 3D, V Makkah, dikembangkan oleh Se-ma-phore Studio. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tur interaktif di dalam Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Hal ini sebagaimana dilaporkan Iqna sebagaimana dilansir About Islam. Selain itu, melalui aplikasi tersebut umat Islam juga dapat mengunjungi lokasi terdekat di dua kawasan tersebut.

“Seperti Gunung Arafah, Jembatan Jamaraat, area Muzdalifah, dan pameran yang diadakan di kota-kota suci,” tulis laporan tersebut dilansir Rabu (7/4/2021).

Saat diluncurkan, aplikasi ini tersedia dalam tujuh bahasa. Antara lain bahasa Arab, Inggris, Turki, Persia, Urdu, Melayu dan Indonesia. “Ada terobosan lain sebelumnya bagi umat Islam di bidang ini,” sambungnya.

Aplikasi ini sendiri sebenarnya telah dirilis pada Agustus 2016 lalu. Yang diberi nama Manasik VR, Di mana aplikasi tersebut untuk memberikan kesan pertama Mekah bagi pendatang baru.

Aplikasi VR serupa yang diluncurkan pada tahun 2014 adalah Makkah 3D yang awalnya dikembangkan oleh Brainseed Factory dan kini telah dipindahkan ke Bigitec, sebuah perusahaan yang berbasis di Jerman.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen + 17 =